Saturday, May 24, 2014

頑張ろう Ganbarou..berjuang sekuat tenaga

Waktu belajar ke Jepang, saya sempatin main ke Tokyo Dome, stadium baseball yang kubahnya bisa di buka tutup agar bisa digunakan untuk pertandingan di musim dingin. Kata temen, gak afdol kalau ke Tokyo nggak main ke sana. Hari Jumat, saya kabur ke sana, sejam naik kereta dari kampus dalam suhu 15 derajat celcius. Dan sebuah tulisan besar yang tergantung di dinding muka bertulisan ganbarou ( ayoo berjuang..) membuat saya terkesima, maka dibuatlah foto selfie hasil malak seorang pengunjung buat memfoto saya dan fokus utama adalah tulisan tersebut ( bukan muka saya hehehe )


Ganbarou itu identik dengan Jepang. Sejak pertama masuk jurusan sastra jepang, para native speaker selalu menggelorakan kata-kata ini, tentu dikarenakan bahasa Jepang termasuk bahasa yang sulit di dunia. Hurufnya tidak hanya hiragana dan katakana, namun juga kanji yang diadaptasi dari huruf Cina. Maka, saya pun bisa mengerti kosakata Cina yang ditulis dengan huruf kanji namun dengan cara baca yang berbeda. Istilah Ganbarou itu makin mendunia sejak terjadinya tsunami di Sendai dan kebocoran reaktor nuklir di Fukushima. Seorang teman saya yang bekerja di Fukushima masih menetap di sana, namun harus pindah ke dekat pantai karena radius 20 km dari reaktor telah dinyatakan sebagai kota mati. 40 km dari reaktor hanya dengan ijin aparat orang boleh masuk.

Tokyo Dome
Arti kata Ganbarou adalah berjuang sekuat tenaga, berusaha yang terbaik, pokoknya berusaha sampai maksimal mungkin, sampai mati-matian kalau orang sini bilang. Dalam menghadapi masalah harus berusaha keras mengatasi, tidak boleh setengah-setengah dalam bekerja. Kalau bekerja harus benar-benar bekerja keras bukan hanya sekedar mendapat uang atau gaji. Karena bekerja dengan kesungguhan pasti hasilnya bagus dan luar biasa.

Ganbarou tidak hanya cukup diucapkan sendiri. Orang-orang Jepang terbiasa memberi semangat orang lain di sekitarnya. kalau saya lagi galau dengan segala kesusahan belajar dan hidup di Jepang, teman-teman yang orang asli Jepang selalu berkata dengan penuh energi "Taihen dakedo, isshoni ganbarimashou!".Artinya, "Aku tahu ini hal yang sangat sulit, mari berjuang bersama-sama". Saya berterima kasih sekali karena saya merasa `diorangkan` dan dihargai sebagai orang asing, minoritas di sana. Mereka memberi saya waktu sholat, bisa mengerti kalau tidak bisa makan daging, alkohol dan babi ( berhubung yang memotong ayam atau sapinya bukan muslim, saya sering hanya bisa makan ikan dan telur saja, makan ayam kalau belinya di toko muslim di Tokyo dan masak sendiri ). Mereka juga merasakan kesulitan yang sama ketika belajar bahasa Inggris, karena itu kami sering bertukar pikiran dan ngobrol dengan bahasa campur-campur hehehehe..saya pengen mahir bahasa Jepang dan mereka pengen bisa berbahasa Inggris dengan baik.
menyenangkan sekali setiap kita akan pulang kita selalu berteriak..."ganbatte nee..."..( semangat yaaa..)

Jadi..yukkk..semangaattt..ganbarou!!

2 comments:

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete
  2. Hanya di ICG88.COM dimana kamu bisa mainkan berbagai permainan di HKB Gaming,IDNPLAY, dan Gudang Poker! tentunya dengan inovasi terbaik.gabung dan buktikan sendiri promo dan bonusnya :

    Bonus New Member 20%
    * Min Deposit IDR 50.000,-
    * Max Bonus IDR 300.000,-
    * TurnOver 4X TO Termasuk Modal Dan Bonus
    * Bonus Di Berikan Di Depan
    * Jika Tidak Mencapai Ketentuan Bonus Maka Bonus Akan Di Tarik Melalui Nominal Withdraw

    Bonus Deposit Kedua & Selanjutnya 5%
    * Min Deposit IDR 50.000,-
    * Max Bonus IDR 100.000,-
    * TurnOver 5X TO Termasuk Modal Dan Bonus
    * Bonus Diberikan Di Depan

    Tunggu apa lagi,gabung dan dapatkan bonus serta jackpotnya!

    hubungi kami di :
    BBM : e3a9c049
    LINE: icg88poker
    Whattsapp : 081360618788

    ReplyDelete