Wednesday, November 30, 2016

6 Peluang Bisnis Sampingan untuk Karyawan

www.maxmanroe.com
Kini makin banyak karyawan yang memiliki usaha sampingan yang dapat memberikan penghasilan tambahan. Alasan karyawan memiliki bisnis sampingan adalah selain untuk menambah penghasilan juga sebagai antisipasi terjadinya PHK atau dipecat. 

Selain itu tak sedikit karyawan yang mencari bisnis sampingan karena gaji yang diterima belum mencukupi karena karyawan yang bersangkutan masih memiliki tanggungan cicilan rumah, kendaraan atau menyekolahkan adik dan lain-lain.

Namun sebagai karyawan yang terikat jam kerja, tentunya tidak semua bisnis dapat dilakukan. Apalagi yang terkena shift kerja siang atau malam.

Lalu, bisnis apa sajakah yang dapat dijalankan sembari bekerja? Berikut ini adalah 6 jenis bisnis sampingan yang dijalankan oleh karyawan tanpa harus mengganggu jam kerjanya.

Berjualan pulsa

www.pulsacepat.com
Bisnis ini cukup mudah untuk dilakukan oleh karyawan yang masih terikat dengan jam kerja yang ketat. Anda tidak perlu buka lapak, cukup dengan satu handphone khusus untuk berjualan pulsa, Anda hanya tinggal deposit sejumlah pulsa misalnya senilai 100 ribu untuk awal jualan dan Anda akan mendapatkan keuntungan 500 hingga 1000 rupiah per transaksi. 

Cukup mudah dan tidak memerlukan modal yang terlalu besar. Anda mulai dapat melayani teman kerja atau keluarga. Pulsa akan selalu dibutuhkan sebagaimana makanan apalagi di jaman serba internet ini, tidak ada yang tidak butuh paket data dan pulsa. 
Mulanya mungkin keuntungan receh, namun dengan bertambahnya konsumen atau pelanggan Anda, keuntungan yang didapat pun mulai terlihat. Bukankan sesuatu yang besar dimulai dari yang kecil ? Sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit.

Berjualan snack

Salah satu peluang bisnis yang pernah dilakukan oleh teman kerja saya adalah berjualan snack atau penganan kecil seperti kue dan cemilan lainnya.
Kadang karena jam kerja terlalu pagi atau karena kesiangan, banyak pekerja yang tidak sempat makan pagi sehingga memilih membeli snack yang dapat dimakan sambil bekerja. Snack yang banyak digemari untuk mengganjal perut sementara hingga tiba waktu makan siang adalah gorengan, kue-kue basah, keripik dan lain-lain.

Anda dapat membuat sendiri makanan tersebut atau mencari orang yang dapat membuatnya lalu Anda beli dan jual kembali. Anda juga dapat bekerja sama dengan sistem sistem konsinyasi, yakni akan Anda bayar bila barang laku, sedangkan bila tidak, dapat Anda kembalikan. Dengan cara seperti ini Anda nyaris tidak mengeluarkan modal sama sekali bahkan mendapatkan keuntungan. Anda dapat berpromosi kepada teman-teman kerja lalu membawa makanan tersebut sesuai yang dipesan. 

Selain itu Anda juga dapat bekerja sama dengan kantin atau koperasi perusahaan tempat Anda bekerja agar mau menerima titipan kue-kue atau snack yang Anda bawa, keuntungan dapat Anda bagi berdua.

Menjadi penulis freelance.

Anda merasa tidak berbakat jualan atau pekerjaan Anda tidak memungkinkan Anda berjualan ? Tidak perlu berputus asa untuk mendapatkan penghasilan tambahan, Anda dapat menggali keterampilan yang sudah Anda miliki, misalnya menulis.

Anda dapat menjadi seorang penulis lepas atau freelance yang jasanya banyak dibutuhkan oleh website yang memerlukan artikel sesuai produk yang mereka jual atau tawarkan, misalnya artikel tentang haji dan umroh, artikel tentang travelling, artikel tentang kesehatan dan kecantikan dan lain-lain. Anda juga dapat melamar sebagai penulis lepas di Sribulancer.com dan situs-situs menulis online lainnya.

Sebagai penulis lepas, Anda perlu memiliki blog untuk menampung tulisan-tulisan Anda, sebab sebagai penulis freelance Anda harus memiliki pengalaman menulis yang dibuktikan dengan blog atau catatan di notes sosial media Anda seperti Facebook. Gaya penulisan Anda akan dilihat oleh calon pengorder tulisan dan ini dapat berfungsi sebagai semacam riwayat kepenulisan atau CV.

Berjualan produk fashion dan kosmetik


Karyawan biasanya juga sangat memperhatikan penampilan, baik pakaian yang dikenakan atau kosmetik berupa make up atau parfum wajib dimiliki oleh mereka.

Ini menjadi peluang usaha bagi Anda untuk berjualan baju maupun perlengkapan dandan. Anda dapat memanfaatkan waktu tidak produktif atau waktu istirahat untuk “membuka lapak” di tempat kerja. Anda juga dapat membuat BBM Group atau WhatssApp Group bagi pelanggan produk yang Anda jual lalu mengupload foto barang-barang tersebut atau gunakan Instagram, sehingga Anda tidak perlu repot membawa semua produk yang Anda jual ke kantor, cukup yang dipesan saja dan Anda dapat melakukan transaksi pada saat jam istirahat. 

Hindari memakai jam kerja untuk melakukan bisnis ini agar tidak mengganggu orang lain terutama boss Anda yang mungkin tidak suka Anda berbisnis di tempat kerja meski pekerjaan Anda telah selesai.

Menjadi agen asuransi
www.bisnisasuransi.com
Menjadi agen asuransi kini makin diminati oleh para pekerja, selain tidak perlu membawa produk, Anda dapat memberikan penjelasan kepada teman-teman kantor yang membutuhkan produk asuransi, selain asuransi kesehatan, asuransi pendidikan dan investasi berupa tabungan pensiun juga banyak diminati pekerja.

Sebagai agen asuransi Anda dapat memberikan edukasi bagi teman-teman pekerja untuk menyisihkan sebagaian gaji untuk ditabung sebagai dana pendidikan anak atau sebagai persiapan pensiun kelak. Komisi yang diperoleh pun cukup lumayan untuk menambah penghasilan sebagai karyawan.

Menjadi desainer kartu atau banner

www.mediabisnisonline.com
Bila Anda memiliki kemampuan photoshop, corel draw atau desain grafis, Anda dapat mencari penghasilan tambahan dengan mendesain kartu ucapan, banner yang banyak dibutuhkan oleh toko online dan webiste atau jasa edit foto.

Anda dapat membuat contoh desain dan menawarkannya kepada teman kerja atau membuat akun instagram dan facebook dan upload hasil karya Anda disertai berapa biaya yang dibutuhkan untuk memesan desain yang Anda buat.

Bisnis ini cukup prospektif karena banyak dibutuhkan oleh toko online yang mulai menjamur, jasa edit foto juga akan dibutuhkan untuk pemasaran produk atau pembuatan kartu ucapan yang desainnya tidak pasaran, sangat berbeda dengan yang dijual dan dapat dipesan sesuai keinginan pelanggan.

Bagaimana ? Anda tertarik mencoba bisnis untuk menambah penghasilan atau sebagai persiapan saat resign atau pensiun nanti?


1 comment: