Saturday, November 5, 2016

Kenali penyebab jerawat dan jenis jerawat

Jerawat sudah menjadi masalah kulit yang banyak dialami oleh perempuan maupun laki-laki, selain dapat mengganggu penampilan juga menandakan adanya ketidakberesan dengan kondisi kulit dan tubuh Anda.

Jerawat dapat muncul karena folikel rambut tersumbat oleh sel kulit mati, kotoran dan sebum yaitu zat yang diproduksi kelenjar minyak yang berfungsi mencegah kekeringan pada kulit namun muncul berlebihan.

Sebelum mencari obat untuk mengatasi jerawat yang muncul di wajah Anda, ada baiknya kenali dulu penyebabnya, sebab dengan akibat penanganan yang salah alih-alih sembuh malah semakin parah dan meradang.

PENYEBAB JERAWAT :

  1. Perubahan Hormon
Perubahan hormon sering muncul pada perempuan, terutama pada masa sebelum dan sesudah haid, karena itu lumrah bila pada saat menjelang menstruasi seorang perempuan mengalami jerawat di wajahnya. Jerawat tersebut akan hilang dengan sendirinya setelah menstruasi berakhir. Selain itu, ibu hamil juga dapat mengalami jerawat dari ringan hingga parah akibat sindrom ovarium polikistik.

  1. Masa Pubertas
Remaja kerap mendapatkan masalah ini, munculnya jerawat yang muncul pada awal masa pubertas juga diakibatkan oleh meningkatnya produksi sebum yang dihasilkan oleh kelenjar minyak dan akibat tingginya produksi hormon testosteron.

  1. Akibat efek samping penggunaan kosmetik
Kosmetik yang kita gunakan dapat menyebabkan jerawat karena tidak cocok dengan jenis kulit wajah kita. Selain itu spons bedak yang tidak pernah ganti atau dibersikan dapat menyebabkan berkumpulnya bakteri yang berpindah ke pori wajah kita sehingga dapat menyebabkan iritasi kulit, radang dan jerawat.

  1. Stress
Tidak diragukan lagi stress dapat menyebabkan gangguan keseimbangan hormon dalam tubuh. Sehingga tak jarang orang yang stress karena pekerjaan dan sekolah dapat timbul jerawat di wajahnya.

  1. Efek samping penggunaan obat-obatan
Hampir sama dengan efek penggunaan kosmetik, obat-obatan juga dapat menyebabkan jerawat. Jenis obat yang dapat menyebabkan keluarnya jerawat antara lain suplemen vitamin B2, B6 dan B12 serta obat-obatan antiepilepsi dan stereoid.

  1. Iritasi akibat penggunaan benda tertentu seperti munculnya jerawat di punggung akibat memakai tas ransel atau jerawat di dahi karena menggunakan ikat kepala terlalu lama sehingga kelenjar keringat tersumbat dan dapat menyebabkan berkumpulnya minyak, keringat dan kotoran yang dapat menyebabkan jerawat.
      7.  Keturunan

Ternyata bila orang tua kita atau dalam garis keturunan ada yang pernah mengalami jerawat dapat menurunkan gejala tersebut pada generasi berikutnya. Bila Anda memiliki jerawat yang sukar sembuh dan selalu muncul, periksalah apakah dalam keluarga Anda ada yang pernah mengalami jerawat parah.

JENIS JERAWAT

Setelah mengetahui penyebab jerawat di atas, Anda juga perlu mengetahui jenis-jenis jerawat, yaitu :

  1. Papula
Papula adalah  adalah benjolan kecil yang sakit. Ukurannya kecil, berwarna merah dan memiliki tekstur yang lunak.

  1. Pustula
Pustula adalah benjolan kecil yang pada ujungnya terdapat penumpukan nanah.

  1. Komedo
Komedo terbagi dalam 2 jenis yaitu komedo hitam dan komedo putih. Komedo hitam adalah bintik berwarna hitam yang biasanya muncul di area sekitar hidung, komedo hitam disebabkan oleh debu dan kotoran. Sedangkan komedo putih memiliki tesktur yang lebih keras akibat akumulasi sebum yang menjadi keras di dalam pori-pori.

  1. Nodul dan kista
Nodul dan kista termasuk jenis jerawat yang parah. Nodul merupakan benjolan besar  dan berisi nanah. Sedangkan kista nampak mirip dengan bisul, jerawat ini dapat meninggalkan bekas di wajah seperti bekas luka permanen setelah sembuh.

Setelah mengetahui penyebab dan jenis jerawat, ada baiknya Anda mulai berkonsultasi kepada dokter kulit agar menemukan solusi yang tepat dan jerawat Anda dapat segera sembuh.


1 comment: