Saturday, November 12, 2016

#YukAturUang, Menuju Finansial Freedom

http://www.sinarmasmsiglife.co.id/
Pekerja seperti saya pasti punya masa expired, iya, masa pensiun. Saat itu kita tidak lagi dibutuhkan oleh perusahaan, sudah tua dan dianggap tidak produktif lagi. Kita akan diganti oleh fresh graduate yang masih muda, dan energik.

Banyak karyawan yang kini bergaji tinggi terlena dengan gaji tinggi dan beragam fasilitas pekerjaan hingga melupakan persiapan pada saat pensiun nanti. Memang perusahaan memotong gaji karyawan sebagai dana pensiun, namun jumlahnya sangat sedikit, oleh karena itu para paryawan hendaknya mulai mempersiapkan dana pensiun sejak sekarang, bahkan bila perlu sejak menerima gaji pertamanya.

Mengapa kita harus memiliki dana pensiun yang cukup?Di masa pensiun nanti yaitu setelah masa bekerja berakhir tentunya kita ingin memiliki hidup yang berkualitas seperti berlibur ke tempat-tempat yang kita impikan, menunaikan ibadah haji atau umroh. Memiliki rumah impian dengan kebun luas untuk bercocok tanam sebagai pengisi waktu, atau mendirikan bisnis kecil-kecilan sesuai hobi. Atau bisa jadi Anda telah memiliki rencana untuk pensiun dini, lebih cepat daripada usia yang ditetapkan.

Tak jarang para karyawan juga memiliki impian untuk mempunyai kebebasan finansial, yakni masa dimana bekerja hanyalah sebagai pilihan bukan keharusan karena kebutuhan hidup yang utama seperti sandang, pangan, papan dan kesehatan telah terpenuhi. Beberapa orang telah hidup cukup dan sederhana dengan deposito yang mereka miliki, sedangkan pekerjaan yang ia lakukan dimasa tuanya hanya sebagai pengisi waktu dan uang imbalan yang ia peroleh dapat disedekahkan atau diberikan kepada orang-orang yang membutuhkan.

Ada pula yang ingin memiliki passive income, yaitu tanpa bekerja keras namun dapat menghasilkan income yang cukup lumayan. Diantara kran passive income adalah memiliki usaha sewa rumah atau usaha kost, sewa kendaraan, raoyalti atau penghasilan dari membangun jaringan bisnis dan lain-lain.

Untuk memiliki masa tua yang nyaman dan menyenangkan tidak dapat terjadi begitu saja. Kebanyakan pensiunan yang dapat berhasil sejahtera dimasa tuanya adalah orang-orang yang mampu mengatur keuangannya di masa muda dan masa kerjanya. Karena itu Anda perlu tahu tips mengatur keuangan dan gaji bulanan Anda agar dapat menabung dan berinvestasi di masa tua.

Berikut ini adalah cara mengatur keuangan bulanan Anda :

Siapkan pena dan kertas lalu tentukan tujuan keuangan Anda.

Dengan menetapkan tujuan pasti kemana uang Anda akan digunakan, Anda akan tahu bagaimana menggunakan uang Anda yang terdiri dari gaji bulanan, atau keuntungan bisnis Anda. Tentukan jangka pendek, menengah dan panjang. Bila Anda masih memiliki hutang, maka tentukan tujuan kapan hutang Anda akan lunas sehingga setelah itu Anda mulai dapat menabung dan membeli aset atau properti untuk persiapan masa pensiun Anda.

Buat rencana pengeluaran bulanan.
http://anggikpratama.blogspot.co.id/
Kebanyakan gaji kita akan tersedot untuk kebutuhan pokok seperti makan, pakaian, transportasi, dana sekolah anak dan lain-lain. Ditambah bila Anda memiliki hutang, kebutuhan barang opsional seperti mengganti gadget dan kebutuhan rumah tangga serta hiburan seperti rekreasi. Bila suami istri bekerja, bicarakan pemasukan dan pengeluaran dan tetapkan jumlah tabungan yang dapat disimpan dalam rekening bersama. 

Setiap pengeluaran hendaknya diketahui oleh kedua belah pihak. Atau Anda berdua masing-masing dapat membuka rekening pribadi sendiri sebagai tabungan, diluar rekening untuk transfer gaji.

Ketika membuat perencanaan keuangan, buat prioritas seperti membayar berbagai tagihan terlebih dahulu seperti tagihan kartu kredit, listrik, internet, cicilan mobil atau rumah bila ada, setelah itu buat list atau daftar kebutuhan rumah tangga lalu sisanya menabung atau dibelikan aset yang terjangkau dan dapat diuangkan seperti emas. Atau dapat juga Anda alokasikan untuk asuransi kesehatan. Banyak perusahaan asuransi memiliki produk asuransi yang dapat membantu Anda mengalokasikan dana agar dapat menikmati masa pensiun dengan nyaman.

Rencanakan investasi
http://bisnis.liputan6.com/
Investasi terbagi menjadi dua yakni finansial berupa reksa dana dan saham serta riil aset. Anda dapat memilih salah satunya atau bahkan keduanya.

Untuk membantu Anda menghitung berapa penghasilan yang dapat Anda sisihkan untuk asuransi pensiun dan kesehatan, Anda dapat memanfaatkan Kalkulator Finansial Pensiun. Alat hitung ini membantu Anda untuk menyiapkan berapa dana pensiun yang ingin Anda peroleh nanti dan berapa dana yang harus Anda sisihkan setiap bulan dari gaji Anda. Caranya cukup mudah, Anda tinggal memasukkan besaran gaji atau pendapatan per bulan, kalkulator finansial pensiun akan menghitung berapa uang yang harus Anda sisihkan untuk dana pensiun. Biasanya besarannya sekitar 5 hingga 10 % dari gaji. 

Simpan dana pensiun Anda dalam rekening yang berbeda dengan rekening yang digunakan untuk keperluan sehari-hari atau menerima gaji. Perkirakan pula angka inflasi yang akan terjadi pada masa Anda pensiun, dan berapa biaya standar untuk hidup nyaman di masa tua.

Uang tersebut dapat Anda gunakan sebagai modal usaha atau membeli property dan disewakan. Anda juga dapat mencicil membeli rumah untuk di kontrakkan atau dijadikan tempat kos. Anda juga dapat berinvestasi dalam bentuk emas batangan, namun model invetasi seperti ini memerlukan tempat penyimpanan yang aman di rumah atau Anda dapat menyewa deposit box di bank. Dengan memiliki investasi tersebut, Anda dapat menghabiskan masa tua Anda dengan tenang dan nyaman tanpa terlalu memikirkan masalah finansial atau bekerja lagi.

Alokasikan dana untuk bersedekah.
http://sedekah.syariah.biz/
 Selain memiliki tabungan atau dana investasi, Anda juga dianjurkan agar bersedekah. Karena membantu orang yang membutuhkan termasuk membuka jalan rejeki Anda dari tempat lain. Anda tidak pernah tahu kapan Anda membutuhkan dana atau bantuan, namun dengan bersedekah Tuhan akan membantu Anda melalui jalan yang tak pernah Anda sangka. Jadi selain investasi dunia, investasi akhirat juga wajib Anda lakukan.

Yuk mulai mengatur keuangan kita sejak sekarang, agar masa pensiun nanti kita dapat menikmati aktifitas yang kita sukai tanpa harus terpaksa bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan hidup. Mau pensiun kapan Anda? Kalau saya sih ingin secepatnya pensiun hehehe…ngumpulin modal dulu deh..




1 comment:

  1. Thanks infonya. Oiya ngomongin pensiun, banyak orang yang kurang mempersiapkannya dengan matang, sehingga yang terjadi malah menderita setelah tidak lagi bekerja. Nah, jika kamu punya rencana buat pensiun (apalagi pensiun muda), sebaiknya persiapkan dengan sangat matang agar bisa hidup bahagia tanpa ada masalah finansial. Caranya? Yuk cek di artikel yang saya temuin ini:
    Yang perlu dilakukan jika mau pensiun muda

    ReplyDelete