Sunday, November 24, 2013

Marketing is bullshit, bisnis tanpa ngiklan, bisa nggak sih?

Sekilas, mungkin anda akan beranggapan demikian hehehe…bisnis tanpa iklan pasti bisa. Padahal bagi para penjual dan pebisnis, iklan dan strategi pemasaran pasti telah masuk poin penting untuk mendongkrak omzet. Berbagai cara untuk menjaring lebih banyak pembeli dilakukan, salah satunya melalui pemasangan iklan, promo pemberian diskon baik melalui potongan harga maupun melalui kartu member eksklusif dan lain-lain. Bisnis bukan berarti tanpa iklan.
Namun iklan dan strategi marketing apa yang efektif menjaring pembeli sekaligus minim ongkos yang harus  dilakukan? Terutama untuk industri kecil, industri rumah tangga atau bisnis online yang anda kerjakan di sela waktu kerja?
 Buku Marketing is Bullshit karya Ippho memberikan penjelasannnya. Pemasaran itu adalah omong kosong tanpa kreatifitas. Dan kreatifitas adalah milik otak kanan.
Otak kanan itu imajinatif. Produk bisa sama dengan dagangan orang lain, namun dengan imajinasi, barang yang sama bisa Nampak lebih menarik dengan sedikit kreatifitas. Contoh, pisang goreng dimana-mana sama bentuk dan bahannya, namun dengan kreatifitas, pisang goreng yang diberi topping coklat, tiramisu, keju akan menjadi berbeda dan memiliki nilai jual yang lebih tinggi.
Otak kanan itu lebih pada interpersonal, other centric, komunikasinya berpusat pada orang lain di sekitar kita, karena itu jadilah pendengar yang baik untuk mengetahui apa kemamuan pelanggan.
Di buku ini, Ippho berhasil mematahkan mitos-mitos seputar marketing dengan memberi contoh-contoh realnya dan para juara di bisnis mereka.
Yang menarik di salah satu poinnya, Ippho mengatakan bahwa laba bukanlah raja. Keuntungan tanpa integritas tidak akan berarti apa-apa. Integritas yang akan member  nilai tambah pada bisnis anda.

Bullshit #1 Hoki itu kebetulan.
Dalam buku ini Ippho menolak hoki yang berasal dari keberuntungan semata, karena menurutnya hoki itu berasal dari persiapan yang bertemu dengan kesempatan. Keduanya dapat diciptakan.
Yang lebih penting, hoki itu berasal dari 3 lapis komunikasi, yaitu komunikasi kepada diri sendiri, kepada sesame dan terlebih-lebih lagi kepada Tuhan Yang Maha Esa. Karena itulah sebagai pemasar dan pebisnis anda diharapkan berhati-hati dengan ucapan anda sendiri dan ucapan-ucapan orang-orang di sekitar anda. Menurut Stephen Covey, ucapan akan bermuara pada nasib. Sebagai contoh, Ippho menampilkan slogan-slogan pebisnis besar seperti Yamaha “semakin di depan” ( berhasil sebagai pemimpin motor matic di Indonesia ) dan Queen dengan lagunya “we are the champion” yang sangat melegenda dan sering di putar pada moment kejuaraan dunia. Temukan kata-kata positif sebagai penyemangat sekaligus doa anda.

Bullshit#2 Terobosan adalah pemborosan
Untuk meningkatkan omzet kita seringkali harus melakukan review cara lama dan membuat terobosan-terobosan, mengubah cara lama menjadi cara baru yang lebih efisien dan menghasilkan profit. Namun banyak pebisnis yang enggan melakukannya karena menurutnya itu hanya buang-buang uang, bentuk dari pemborosan. Padahal terobosan tidak harus berujung pada pemborosan. Terobosan bisa dilakukan dengan menghemat dan jadi hebat, sampah jadi rupiah, pelanggan jadi pesuruh.
Ippho memberikan ilustrasi cerita tentang mobil murah di India, dari bentuk yang mini, mengurangi 4 rem cakram menjadi hanya 3 saja, mengurangi hal-hal yang mungkin tidak semua pembeli membutuhkan seperti power steering, AC dan sebagainya sehingga bisa menekan biaya komponen yang pada akhirnya menekan harga, meledakkan omzet karena dikenal sebagai mobil murah yang terjangkau.
Bila anda baru saja memulai bisnis jual baju atau kosmetik, anda bisa memulai menggunakan Facebook, twitter, blog dan jejaring sosial lainnya dengan hanya memajang foto produk dan sedikit paragraph deskripsi. Anda menghemat sewa ruang karena yang anda butuhkan hanya akses internet, bisnis telah bisa anda jalankan darimana saja. Maksimalkan gadget yang anda punya, gunakan social chat, whatsapp, dan lain-lain. Semuanya gratis kan? Dengan paket data sebulan yang sekarang sudah murah meriah, raih penjualan sebanyak-banyaknya.

Bullshit #3 Terobosan bukan keharusan
Sebenarnya terobosan adalah sebuah keharusan, karena tanpa terobosan public akan bosan. Terobosan dapat anda lakukan dengan berbagai cara, misalnya :
1.       Penamaan yang greget. Pernah dengar Rawon Setan? Namanya pasti bikin penasaran padahal dimana-mana yang namanya rawon pasti sama bahan dan rasanya, namun karena nama yang mengandung unsur horror malah membuat pecinta kuliner mencari untuk mencicipi rasanya.
2.       Penyajian produk yang greget. Pisang goreng dengan topping coklat, keju dan tiramisu yang menggoda? Hhmm…pasti menarik.
3.       Promosi yang greget.
4.       Eksplotasi internet
5.       Ekploitasi budaya pop.

Bullshit #4 Differensiasi sukar untuk di kreasi
Menurut Ippho, differensiasi dapat direkatkan pada apa saja , apakah pada fenomena superior ( ter..tertinggi, terbesar, termewah dll ). Apakah pada software atau hardware ( menjual film sekaligus menjual merchandise ). Differensiasi tidaklah sukar untuk di kreasi, yang jelas tanpa differensiasi, basi!.

Bullshit #5 Kegigihan adalah segala-galanya.
Banyak marketer ingin mencetak omzet miliaran, tahun berganti namun mereka tetap begitu-begitu saja. Ternyata kegigihan dan keberanian semata-mata tidak cukup, tidak akan berubah potensi menjadi prestasi tanpa persistensi. Kegigihan mengalahkan penolakan. Namun kegigihan saja tidak cukup, anda harus belajar menjadi cerdik sehingga mengubah penolakan menjadi penerimaan dan jualan anda laku.  Menurut Ippho, keinginan saja tidak cukup, harus dibarengi dengan keyakinan. Kegigihan tidak cukup, harus cerdik. Keberanian saja tidak cukup, namun perlu nekat. Sisi laba juga menjadi bahan pertimbangan, tidak hanya mengikuti tren.

Bullshit #6 Perlu metode untuk menghasilkan ide.
Ippho membantah, bahwa ide bisa didapat kapan saja, semua kejadian dapat menghasilkan ide. Entah itu di saat anda kepepet, waktu santai, ketika anda mengalami krisis, di perantauan dan ketika usia masih muda.

Bullshit #7 Segala sesuatu serba terbatas.
Orang yang kreatif adalah orang tanpa batas ( The Infinitive ) yang menentang gagasan segala sesuatu serba terbatas. Seorang yang kreatif berhasil mengelola thoughts menjadi things, sakit menjadi duit, sosial menjadi komersial. Untuk menjadi seorang yang kreatif anda harus mengamati, mempelajari persoalan anda dengan berbagai pendekatan yang berbeda. Bayangkanlah solusi melalui coretan-coretan, seorang yang kreatif juga produktif atau menghasilkan sesuatu yang bermanfaat. Jangan pernah takut gagal dan jangan takut membuat kesalahan demi memetik hasil yang diinginkan.

Bullshit #8 Laba adalah raja.
Hindari mengejar laba dengan mengesampingkan integritas anda. Saat menjalankan bisnis anda, bangun kepercayaan pelanggan kepada anda, berikan yang terbaik, anda tidak hanya akan mendapatkan laba, namun juga kepercayaan. Tunjukkan sikap diri yang baik dan tetap rendah hati. Bangunlah jaringan dan hubungan yang baik.

















3 comments:


  1. Terimakasih gan, infonya sangat bermanfaat hehehe.. buat nambah wawasan nih..

    Kuball juga yah.. blog jelek ane, ane baru nubi di blog gan..
    loreantz.blogspot.com
    Rampounter.blogspot.com

    Kritik dan saran ya gan :)

    ReplyDelete
  2. Hanya di ICG88.COM dimana kamu bisa mainkan berbagai permainan di HKB Gaming,IDNPLAY, dan Gudang Poker! tentunya dengan inovasi terbaik.gabung dan buktikan sendiri promo dan bonusnya :

    Bonus New Member 20%
    * Min Deposit IDR 50.000,-
    * Max Bonus IDR 300.000,-
    * TurnOver 4X TO Termasuk Modal Dan Bonus
    * Bonus Di Berikan Di Depan
    * Jika Tidak Mencapai Ketentuan Bonus Maka Bonus Akan Di Tarik Melalui Nominal Withdraw

    Bonus Deposit Kedua & Selanjutnya 5%
    * Min Deposit IDR 50.000,-
    * Max Bonus IDR 100.000,-
    * TurnOver 5X TO Termasuk Modal Dan Bonus
    * Bonus Diberikan Di Depan

    Tunggu apa lagi,gabung dan dapatkan bonus serta jackpotnya!

    hubungi kami di :
    BBM : e3a9c049
    LINE: icg88poker
    Whattsapp : 081360618788

    ReplyDelete