Namun iklan
dan strategi marketing apa yang efektif menjaring pembeli sekaligus minim
ongkos yang harus dilakukan? Terutama untuk industri kecil, industri
rumah tangga atau bisnis online yang anda kerjakan di sela waktu kerja?
Buku
Marketing is Bullshit karya Ippho memberikan penjelasannnya. Pemasaran itu
adalah omong kosong tanpa kreatifitas. Dan kreatifitas adalah milik otak kanan.
Otak kanan itu
imajinatif. Produk bisa sama dengan dagangan orang lain, namun dengan imajinasi,
barang yang sama bisa Nampak lebih menarik dengan sedikit kreatifitas. Contoh,
pisang goreng dimana-mana sama bentuk dan bahannya, namun dengan kreatifitas,
pisang goreng yang diberi topping coklat, tiramisu, keju akan menjadi berbeda
dan memiliki nilai jual yang lebih tinggi.
Otak kanan itu
lebih pada interpersonal, other centric, komunikasinya berpusat pada orang lain
di sekitar kita, karena itu jadilah pendengar yang baik untuk mengetahui apa
kemamuan pelanggan.
Di buku ini,
Ippho berhasil mematahkan mitos-mitos seputar marketing dengan memberi
contoh-contoh realnya dan para juara di bisnis mereka.
Yang menarik
di salah satu poinnya, Ippho mengatakan bahwa laba bukanlah raja. Keuntungan
tanpa integritas tidak akan berarti apa-apa. Integritas yang akan member nilai tambah pada bisnis anda.
Bullshit #1
Hoki itu kebetulan.
Dalam buku ini
Ippho menolak hoki yang berasal dari keberuntungan semata, karena menurutnya
hoki itu berasal dari persiapan yang bertemu dengan kesempatan. Keduanya dapat
diciptakan.
Yang lebih
penting, hoki itu berasal dari 3 lapis komunikasi, yaitu komunikasi kepada diri
sendiri, kepada sesame dan terlebih-lebih lagi kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Karena itulah sebagai pemasar dan pebisnis anda diharapkan berhati-hati dengan
ucapan anda sendiri dan ucapan-ucapan orang-orang di sekitar anda. Menurut
Stephen Covey, ucapan akan bermuara pada nasib. Sebagai contoh, Ippho
menampilkan slogan-slogan pebisnis besar seperti Yamaha “semakin di depan” (
berhasil sebagai pemimpin motor matic di Indonesia ) dan Queen dengan lagunya “we
are the champion” yang sangat melegenda dan sering di putar pada moment
kejuaraan dunia. Temukan kata-kata positif sebagai penyemangat sekaligus doa
anda.
Bullshit#2
Terobosan adalah pemborosan
Untuk
meningkatkan omzet kita seringkali harus melakukan review cara lama dan membuat
terobosan-terobosan, mengubah cara lama menjadi cara baru yang lebih efisien
dan menghasilkan profit. Namun banyak pebisnis yang enggan melakukannya karena
menurutnya itu hanya buang-buang uang, bentuk dari pemborosan. Padahal
terobosan tidak harus berujung pada pemborosan. Terobosan bisa dilakukan dengan
menghemat dan jadi hebat, sampah jadi rupiah, pelanggan jadi pesuruh.
Ippho
memberikan ilustrasi cerita tentang mobil murah di India, dari bentuk yang
mini, mengurangi 4 rem cakram menjadi hanya 3 saja, mengurangi hal-hal yang
mungkin tidak semua pembeli membutuhkan seperti power steering, AC dan
sebagainya sehingga bisa menekan biaya komponen yang pada akhirnya menekan
harga, meledakkan omzet karena dikenal sebagai mobil murah yang terjangkau.
Bila anda baru
saja memulai bisnis jual baju atau kosmetik, anda bisa memulai menggunakan
Facebook, twitter, blog dan jejaring sosial lainnya dengan hanya memajang foto
produk dan sedikit paragraph deskripsi. Anda menghemat sewa ruang karena yang
anda butuhkan hanya akses internet, bisnis telah bisa anda jalankan darimana
saja. Maksimalkan gadget yang anda punya, gunakan social chat, whatsapp, dan
lain-lain. Semuanya gratis kan? Dengan paket data sebulan yang sekarang sudah
murah meriah, raih penjualan sebanyak-banyaknya.
Bullshit #3
Terobosan bukan keharusan
Sebenarnya
terobosan adalah sebuah keharusan, karena tanpa terobosan public akan bosan.
Terobosan dapat anda lakukan dengan berbagai cara, misalnya :
1.
Penamaan yang greget. Pernah dengar Rawon Setan? Namanya pasti bikin
penasaran padahal dimana-mana yang namanya rawon pasti sama bahan dan rasanya,
namun karena nama yang mengandung unsur horror malah membuat pecinta kuliner
mencari untuk mencicipi rasanya.
2.
Penyajian produk yang greget. Pisang goreng dengan topping coklat, keju
dan tiramisu yang menggoda? Hhmm…pasti menarik.
3.
Promosi yang greget.
4.
Eksplotasi internet
5.
Ekploitasi budaya pop.
Bullshit #4
Differensiasi sukar untuk di kreasi
Menurut Ippho,
differensiasi dapat direkatkan pada apa saja , apakah pada fenomena superior (
ter..tertinggi, terbesar, termewah dll ). Apakah pada software atau hardware (
menjual film sekaligus menjual merchandise ). Differensiasi tidaklah sukar
untuk di kreasi, yang jelas tanpa differensiasi, basi!.
Bullshit #5
Kegigihan adalah segala-galanya.
Banyak
marketer ingin mencetak omzet miliaran, tahun berganti namun mereka tetap
begitu-begitu saja. Ternyata kegigihan dan keberanian semata-mata tidak cukup,
tidak akan berubah potensi menjadi prestasi tanpa persistensi. Kegigihan
mengalahkan penolakan. Namun kegigihan saja tidak cukup, anda harus belajar
menjadi cerdik sehingga mengubah penolakan menjadi penerimaan dan jualan anda
laku. Menurut Ippho, keinginan saja
tidak cukup, harus dibarengi dengan keyakinan. Kegigihan tidak cukup, harus cerdik.
Keberanian saja tidak cukup, namun perlu nekat. Sisi laba juga menjadi bahan
pertimbangan, tidak hanya mengikuti tren.
Bullshit #6
Perlu metode untuk menghasilkan ide.
Ippho
membantah, bahwa ide bisa didapat kapan saja, semua kejadian dapat menghasilkan
ide. Entah itu di saat anda kepepet, waktu santai, ketika anda mengalami
krisis, di perantauan dan ketika usia masih muda.
Bullshit #7
Segala sesuatu serba terbatas.
Orang yang
kreatif adalah orang tanpa batas ( The Infinitive ) yang menentang gagasan
segala sesuatu serba terbatas. Seorang yang kreatif berhasil mengelola thoughts
menjadi things, sakit menjadi duit, sosial menjadi komersial. Untuk menjadi
seorang yang kreatif anda harus mengamati, mempelajari persoalan anda dengan
berbagai pendekatan yang berbeda. Bayangkanlah solusi melalui coretan-coretan,
seorang yang kreatif juga produktif atau menghasilkan sesuatu yang bermanfaat. Jangan
pernah takut gagal dan jangan takut membuat kesalahan demi memetik hasil yang
diinginkan.
Bullshit #8
Laba adalah raja.
Hindari
mengejar laba dengan mengesampingkan integritas anda. Saat menjalankan bisnis
anda, bangun kepercayaan pelanggan kepada anda, berikan yang terbaik, anda
tidak hanya akan mendapatkan laba, namun juga kepercayaan. Tunjukkan sikap diri
yang baik dan tetap rendah hati. Bangunlah jaringan dan hubungan yang baik.
Nice...;-)
ReplyDelete
ReplyDeleteTerimakasih gan, infonya sangat bermanfaat hehehe.. buat nambah wawasan nih..
Kuball juga yah.. blog jelek ane, ane baru nubi di blog gan..
loreantz.blogspot.com
Rampounter.blogspot.com
Kritik dan saran ya gan :)
Hanya di ICG88.COM dimana kamu bisa mainkan berbagai permainan di HKB Gaming,IDNPLAY, dan Gudang Poker! tentunya dengan inovasi terbaik.gabung dan buktikan sendiri promo dan bonusnya :
ReplyDeleteBonus New Member 20%
* Min Deposit IDR 50.000,-
* Max Bonus IDR 300.000,-
* TurnOver 4X TO Termasuk Modal Dan Bonus
* Bonus Di Berikan Di Depan
* Jika Tidak Mencapai Ketentuan Bonus Maka Bonus Akan Di Tarik Melalui Nominal Withdraw
Bonus Deposit Kedua & Selanjutnya 5%
* Min Deposit IDR 50.000,-
* Max Bonus IDR 100.000,-
* TurnOver 5X TO Termasuk Modal Dan Bonus
* Bonus Diberikan Di Depan
Tunggu apa lagi,gabung dan dapatkan bonus serta jackpotnya!
hubungi kami di :
BBM : e3a9c049
LINE: icg88poker
Whattsapp : 081360618788