Saturday, November 5, 2016

Area munculnya jerawat penanda kesehatan tubuh Anda

picture by sincerelyskin.ca
Kebanyakan orang menganggap bahwa jerawat di wajah menandakan pemiliknya kurang rajin membersihkan wajah atau alergi terhadap sesuatu makanan. Pendapat tersebut tidak sepenuhnya salah namun juga tidak 100% benar. Tak banyak orang yang mengetahui bahwa jerawat di beberapa area wajah tertentu menunjukkan kondisi kesehatan kita sendiri. 

Ahli kesehatan dan kecantikan wajah, membaginya ke dalam 4 area dimana jerawat lebih sering muncul, yaitu :

1. Jerawat di dahi

Dahi merupakan area wajah yang sering dikunjungi jerawat. Tahukah Anda bahwa jerawat di area dahi  dapat diakibatkan oleh dehidrasi sehingga untuk menanganinya Anda harus cukup minum air putih. Hindari juga terlalu banyak mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung terlalu banyak gula dan lemak. Hindari juga stress, cari kegiatan yang dapat membuat Anda merasa senang seperti bertemu atau berkumpul dengan teman atau menekuni hobi yang Anda sukai. Bila Anda sedang mencoba produk di rambut seperti minyak rambut dan lain-lain serta kebetulan memiliki poni di dahi, bisa jadi produk tersebut tidak cocok dengan kulit sekitar dahi Anda. Gunakan bando atau jepitan agar poni Anda tidak menutupi dahi.

2. Jerawat di hidung

Area hidung cenderung memiliki pori-pori yang besar sehingga kerap menjadi langganan jerawat muncul di área tersebut. Kotoran dan sisa make up yang tidak dibersihkan dengan baik dapat menumpuk  dan masuk mengendap di dalam lapisan kulit hidung. Untuk menjaga kebersihan kulit sekitar area hidung, Anda dapat melakukan scrub lembut atau exfoliating di area tersebut. Biasanya yang sering muncul di area hidung adalah komedo atau jerawat batu. Gunakan produk semacam pore pack untuk mengangkatnya. 
picture by ebay.com
Cara menggunakannya cukup praktis dengan menempelkan produk tersebut di hidung dan Anda dapat beraktifitas seperti biasa.

3. Jerawat di pipi 

Jerawat di pipi sering diasumsikan sebagai gejala alergi. Alergi tersebut kebanyakan disebabkan oleh kosmetik yang kita gunakan, produk tersebut tidak cocok untuk digunakan misalnya seperti pelembab wajah, foundation, bedak dan lain-lain. Alergi terhadap makanan tertentu juga dapat menyebabkan jerawat seperti kacang-kacangan, coklat dan lain-lain. Solusinya, hentikan penggunaan kosmetika yang tidak cocok tersebut agar tidak membuat jerawat Anda semakin parah, selain itu secara bertahap kurangi makanan yang dapat menyebabkan alergi atau hindari sama sekali. Selain itu penggunaan telepon genggam yang kurang bersih juga dapat menyebabkan jerawat di pipi sebab saat Anda menggunakannya posisi gadget menempel di pipi. Selalu bersihkan layar atau monitor handphone Anda setiap saat setelah menggunakannya.

4. Jerawat di dagu dan area mulut.

Bila Anda pernah memiliki jerawat di area mulut dan dagu, perhatikan apakah pada saat itu Anda sedang mendapatkan menstruasi, stress berat atau sedang hamil. Sebab jerawat yang muncul di area mulut dan dagu menandakan ketidakseimbangan hormon Anda.  Cara mengatasinya, lakukan perawatan wajah secara rutin dan konsultasikan dengan dokter bila jerawat telah menjadi sangat parah. Bila ketidakseimbangan hormon yang memicu jerawat tersebut hanya sesekali saja terjadi misalnya sebulan sekali saat menstruasi hal tersebut masih termasuk gejala yang normal. Biasanya jerawat yang ada akan hilang dengan sendirinya. 

Pastikan Anda rajin membersihkan muka atau wajah dari kotoran dan sisa make up dengan baik agar tidak memicu tumbuhnya jerawat yang makin parah. Ketidakseimbangan hormon juga dapat disebabkan oleh stress dan kondisi kejiwaan, karena itu usahakan agar membuat diri Anda merasa nyaman misalnya dengan berlibur atau istirahat yang cukup. Mengkonsumsi makanan sehat juga sangat dianjurkan terutama buah dan sayur. 

Demikian informasi seputar area jerawat di wajah dan penanganannya, semoga bermanfaat.

1 comment: