Saturday, February 3, 2018

Berumroh Jangan Menunggu Dipanggil Allah SWT, Ini Keutamaannya Menyegerakan Ibadah Umroh


Ibadah umroh adalah salah satu ibadah utama dalam agama Islam. Ibadah ini dilakukan dengan mengunjungi Tanah Suci Mekkah untuk melaksanakan serangkaian ibadah seperti thawaf, sa'i dan diakhiri dengan bertahallul atau mencukur sebagian rambut.


Adapun syarat-syarat agar Anda dapat  melakukan ibadah umroh adalah sebagai berikut :
  1. Beragama Islam baik wanita maupun laki-laki.
  2. Sudah baligh dan berakal, anak-anak tidak diwajibkan melakukan ibadah umroh.
  3. Merdeka
  4. Memiliki kemampuan dalam hal ini adalah dalam hal perbekalan dan kendaraan.
  5. Bagi wanita yang ingin melaksanakan ibadah umroh terdapat syarat untuk didampingi mahram
Banyak orang yang mengabaikan kewajiban melaksanakan ibadah umroh padahal memiliki kemampuan melakukan perjalanan wisata ke luar negeri sekalipun. Padahal seandainya mereka mengetahui bahwa ibadah umroh akan diberikan pahala yang sangat besar pasti mereka akan berlomba-lomba melakukannya sebelum melakukan perjalanan wisata ke  luar negeri.

Apa saja keutamaan melaksanakan ibadah umroh itu ?

Ibadah Umroh adalah Jihad.

Seperti Hadist yang diriwayatkan oleh Aisyah ra dalam hadist dibawah ini bahwa ibadah haji yang dilakukan oleh perempuan adalah seperti melakukan jihad.

Aisya rs bertanya yang artinya :"Wahai Rasulllah, apakah benar seorang perempuan juga wajib melaksanakan Jihad?" beliau SAW menjawab, "ia dia wajib berjihad tanpa ada peperangan di dalamnya, yaitu dengan Ibadah Haji dan Umrah" (HR. Ibnu Majah no. 2901, hadits ini shahih sebagaimana kata Syaikh Al Albani)

Ibadah Umroh menghapus dosa diantara dua umroh.
Karena pahala inilah mengapa banyak orang yang selalu ingin mengulang kembali ibadah umroh yang telah dilakukannya, karena pahalanya dapat menghapus dosa.

      Dari Abu Hurairah, ia berkata, Bahwa Rasulallah SAW bersabda :
“Antara umrah yang satu dan umrah lainnya, itu akan menghapuskan dosa di antara keduanya. Dan haji mabrur tidak ada balasannya melainkan surga.” (HR. Bukhari no. 1773 dan Muslim no. 1349)

Umrah menghilangkan kefakiran dan menghapus dosa.
Ibadah haji dan ibadah umroh merupakan sedekah ekstrim yang pernah dilakukan umat Islam, karena kita telah menyedekahkan segala yang kita miliki, harta, waktu dan tenaga bahkan kita bersedia meninggalkan pekerjaan dan keluarga demi melaksanakan perintah Allah SWT. Karena itu  salah satu keutamaan ibadah umroh adalah menghapus kefakiran dan dosa.

Dari Abdullah, Rasulallah SAW bersabda :
“Ikutkanlah umrah kepada haji, karena keduanya menghilangkan kemiskinan dan dosa-dosa sebagaimana pembakaran menghilangkan karat pada besi, emas, dan perak. Sementara tidak ada pahala bagi haji yang mabrur kecuali surga.” (HR. An Nasai no. 2631, Tirmidzi no. 810, Ahmad 1/387. Kata Syaikh Al Albani hadits ini hasan shahih).




Namun sayangnya alih-laih bersegera melaksanakan ibadah haji dan umroh.

Mereka memiliki banyak alasan untuk menunda dan terjadilah salah kaprah di dalam masyarakat bahwa untuk melaksanakan ibadah umroh harus memiliki syarat tertentu seperti di bawah ini :

Ibadah Umroh hanya bagi yang mampu dan kaya

Ippho Santosa mengatakan bahwa Umroh mendatangkan rejeki.




Ibadah umroh sebenarnya adalah jenis ibadah yang dapat direncanakan pelaksanaannya sebab memang membutuhkan biaya untuk tiket pesawat, akomodasi dan biaya persiapan lainnya.

Dengan niat dan membuka tabungan khusus umroh dan haji, maka sebenarnya kita telah berniat melaksanakannya. Kita dapat menyisihkan penghasilan atau mengurangi pengeluaran yang kurang perlu. Sambil menabung kita juga hendaknya senantiasa berdoa

agar disegerakan melaksanakan ibadah umroh tersebut.

Seringkali terlintas dalam pikiran jangankan uang untuk membeli paket umroh yang paling murah sekalipun, untuk hidup sehari-hari saja sangat terbatas. Padahal tak sedikit orang yang kaya atau berlebihan hartanya namun tidak ada niat untuk melaksanakan ibadah umroh, padahal mereka mampu pergi berlibur ke luar negeri.


Apabila dana yang Anda miliki tidak terlalu banyak, maka Anda dapat memilih paket umroh murah, salah satunya seperti yang disediakan oleh Arfa Tour, sebuah Travel Haji dan Umroh yang telah memiliki ijin dari Kementerian Agama Islam Republik Indonesia.




Rasulullah telah menyebutkan salah satu keutamaan ibadah umroh yakni menghilangkan dosa dan kemiskinan.

Dari Abdullah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Ikutkanlah umrah kepada haji, karena keduanya menghilangkan kemiskinan dan dosa-dosa sebagaimana pembakaran menghilangkan karat pada besi, emas, dan perak. Sementara tidak ada pahala bagi haji yang mabrur kecuali surga.” (HR. An Nasai no. 2631, Tirmidzi no. 810, Ahmad 1/387).

Bahkan dalam kita suci Al Qur`an, Allah SWT berfirman, artinya,

“Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia-lah Pemberi rezki yang sebaik-baiknya.” (QS. 34:39)

Usia Masih Terlalu Muda untuk Melaksanakan Ibadah Umroh

Tidak sedikit orang-orang yang masih muda memprioritaskan pergi berlibur atau travelling mungkin menjadi prioritas. tak segan menabung, mengambil cuti kerja atau berburu tiket promo agar dapat pergi berwisata ke destinasi wisata impian.  

Sedangkan pergi menunaikan ibadah umroh bukan menjadi prioritas utama sebab dianggap sebagai perjalanan ibadah yang dapat dilakukan nanti bila sudah pensiun dan tidak memikirkan lagi karir, padahal kita tidak pernah tahu sampai kapan kita hidup.  

Selain itu kita juga tidak pernah tahu apakah pada usia pensiun nanti fisik dan mental kita masih kuat untuk melaksanakan ibadah umroh. Kita tidak pernah tahu kapan ajal akan menjemput.

Segera tunaikan ibadah umroh saat kita masih muda dan kuat sehingga masih mampu melakukan thawaf, sai dan aktifitas ibadah lainnya di tanah suci. 


Menunda Ibadah Umroh Karena Masih Banyak Dosa

Ada pula yang tidak mau menunaikan ibadah umroh sebab merasa dirinya kotor dengan dosa dan malu menginjakkan kakinya di tanah suci. Menunggu bertobat dan tidak lagi melakukan perbuatan dosa, nyatanya tiap hari dirinya masih juga melakukan perbuatan maksiat.
Telah menjadi fitrahnya , manusia adalah tempat segala dosa dan kesalahan, karena itu dia perlu menyegerakan melaksanakan ibadah umroh jika telah mampu.

Dari sekian banyak keutamaan melaksanakan ibadah umroh adalah untuk menghapus dosa-dosa manusia yang sebanyak buih di lautan. Sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadist dibawah ini:

عن أبى هريرة رضى الله عنه أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال : "العمرة إلى العمرة كفارة لما بينهما والحج المبرور ليس له جزاء إلا الجنة" - رواه البخاري و مسلم 
Dari Abu Hurairah RA, bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Ibadah umrah sampai umrah berikutnya sebagai kafarat untuk dosa di antara keduanya dan haji yang mabrur tidak ada balasannya kecuali surga”. (HR Bukhari dan Muslim)


Menunda Ibadah Umroh karena Belum Merasa Terpanggil

Ada yang memiliki kemampuan melaksanakan ibadah umroh namun tidak segera menunaikannya, ada yang belum mampu namun memiliki niat dan harapan yang kuat agar dapat melaksanakannya. 

Ada pula yang menganggap dirinya belum terpanggil dan mendapatkan hidayah untuk melaksanakan ibadah umroh. Padahal ibadah umroh telah ada sejak zaman nabi Ibrahim dan hukumnya wajib melaksanakan setidaknya sekali dalam seumur hidupnya.

Apa yang harus dilakukan ketika niat berumroh telah ada ?
Bersyukurlah bila Anda telah memiliki niat untuk menjalankan ibadah umroh, selanjutnya niat tersebut akan mendekatkan kepada amalan, action dan doa.

Meski secara finansial kita nampaknya mustahil mendapatkan dana sebanyak harga paket umroh yang kita idamkan, namun hendaknya kita tetap melakukan tindakan sekecil apapun agar mendapatkan dana tersebut. 

Kita dapat menabung dengan menyisihkan penghasilan atau mencari penghasilan tambahan bila memang yang kita miliki memang benar-benar hanya cukup untuk menghidupi keluarga sehari-hari. Bukalah rekening khusus haji atau umroh yang memang disediakan untuk itu. 

Pilihlah paket umroh murah namun berkualitas seperti yang disediakan oleh Arfa Tour berikut ini.


Untuk informasi lebih detail tentang paket-paket umroh murah yang disediakan oleh Arfa Tour, Anda dapat menghubungi nomer telepon atau WhatsApp yang ada pada brosur atau klink berikut ini untuk mendapatkan informasi dari website resmi Arfa Tour. http://www.arfaumroh.id/2017/11/paket-umroh-maret.html

Semoga Anda disegerakan untuk melaksanakan ibadah umroh. Aamiin YRA...

1 comment: