Saturday, December 21, 2013

Resolusiku Menjadi Luar Biasa di tahun 2014, 3 E ; Energy, Enthusiasm, Empathy


Tahun 2013 adalah tahun yang cukup berat untukku.  Keluarga yang lebih membutuhkan perhatian. Pekerjaan juga menuntutku untuk lebih fokus hingga membuatku meninggalkan bisnis online yang sudah aku rintis 3 tahun lalu dan impian yang belum juga tergapai, menjadi penulis. Tidak bisa kuraih semuanya, harus ada yang kukorbankan. Maka atas saran orang terdekat, di sisa waktu yang ada kugunakan untuk belajar, membaca dan lebih banyak menulis. Bisnis online kuserahkan kepada seorang teman yang bisa kupercaya. Bagaimanapun bisnis online akan tetap jadi tabungan aktifitas dan finansial setelah masa kerja berakhir.
Namun kuyakin tahun 2014 mendatang adalah tahun perubahan menuju ke arah yang lebih baik. Betapapun baik atau buruk situasi, perubahan akan datang.Tak masalah seberapa buruk apa yang kurasakan, aku akan segera bangkit, berubah dan akan kutunjukkan kalau aku bisa. Prioritas dalam hidup ternyata sangat penting, karena kita bukan manusia serba bisa.
Hidup dalam 3 E. Energy ( Energi ), Enthusiasm ( Antusiasme ) dan Empathy ( Empati ). Itu jurusku meraih impianku.

Energi
Aku menyadari kadang-kadang masih membuang energi untuk melakukan hal-hal yang tidak perlu atau sering tidak berkaitan. Aku tahu aku  tidak mungkin mengerjakan semuanya sendirian, maka aku perlu membuat skala prioritas, berani melepaskan apa yang tak kubutuhkan. Maka kini dengan energi baru yang berlimpah aku kembali melesat mencoba meraih impianku. 
Jangan pula menghabiskan waktu berharga untuk gosip atau membicarakan sesuatu yang tidak berguna. Simpan dan gunakan energi untuk hal-hal yang bermanfaat, hasilkan sesuatu dan selalu berpikir positif. Penuhi hidup dengan energi positif dan attitude yang baik.

Enthusiasm ( Antusiasme )
Antusiasme. Aku percaya, gairah, passion, antusiasme akan menuntunku menuju hasil akhir seperti yang kuharapkan. Seperti yang dikatakan oleh Paulo Coelho dalam bukunya The Pilgrimate ; Enthusiasm is the force  that leads us to the final victory. Selalu dalam mencapai impian, semangat dan keyakinan yang akan membawa kita menuju tujuan. Tanpanya, setiap kali mengalami kebuntuan dan kegagalan maka kita akan mudah jatuh dan cepat melupakan impian. Ada pelajaran berharga dalam setiap kegagalan, karena itulah aku tetap bersemangat.

Empathy ( Empati )
Orang yang sedang mengejar impian, pasti sering hanya berfokus pada dirinya sendiri dan jarang memikirkan orang lain. Maka di tahun 2014 nanti aku harus berubah. Kadang-kadang karena kesibukan bekerja dan mengurus keluarga, aku jarang berinteraksi dengan kerabat dan teman bahkan hanya sekedar menelpon atau berkunjung ke rumah yang bersangkutan. Padahal disebutkan bahwa bersilahturahmi bisa memperpanjang usia dan memperbanyak rejeki. Selain bersilahturahmi aku juga harus lebih banyak berbagi dengan sesama, dengan orang-orang yang membutuhkan. Sedekah, selain membersihkan harta juga menunjukkan kepedulian kita dengan kesulitan orang lain, membuat kita senantiasa bersyukur bahwa Tuhan masih memberikan kita kelebihan, dan maksud kita diberikan kelebihan adalah agar kita dapat berbagi.

Semoga Tuhan mencatat resolusiku ini dan mengabulkannya. Aamiin…




No comments:

Post a Comment