Wednesday, November 19, 2014

Dampak kenaikan BBM dan tips menghadapinya

foto suasana di sebuah pom bensin

Kenaikan harga BBM baru saja diumumkan oleh pemerintahan yang baru saja terbentuk.Presiden Jokowi telah mengumumkan kenaikan tersebut pada hari Senin malam sekitar pukul 21.00. Besaran kenaikan telah ditetapkan, harga solar yang semula adalah 5.500 rupiah menjadi 7.500 rupiah, sedangkan harga premium dari 6.500 rupiah per liter menjadi 8.500 rupiah.

Dampak dari kenaikan BBM ini telah dirasakan oleh seluruh masayarakat bahkan sebelum diumumkan secara resmi besarannya. Harga-harga yang merambat naik dan pasokan barang yang minim adalah salah satu contohnya. Hingga pada hari ditetapkan dan diumumkan besarannya, nampaknya masayarakat mulai ambil ancang-ancang agar pengeluaran tidak terlalu membengkak.

Beberapa cara dilakukan untuk melakukan penghematan yang nampaknya sulit dilakukan karena memang harga telah melonjak, terutama harga kebutuhan pokok sembako. Yang harus dipikirkan pula adalah kenaikan harga BBM juga akan memicu kenaikan tariff kendaraan termasuk tiket pesawat terbang. Tariff angkutan diperkirakan  naik sebesar 10% hingga 25 %.
Selain melakukan penghematan dan menahan diri untuk membeli barang yang tidak terlalu dibutuhkan juga perlu menelaah lagi pos-pos pengeluaran, mana yang bisa dikurangi atau di hemat.

Selain penghematan terhadap seluruh pos-pos pengeluaran, hal lain yang dapat dilakukan adalah mencari penghasilan tambahan. Mulailah melirik hobi yang dapat menghasilkan uang. Semua orang pasti punya habi, namun hanya sedikit yang menjadikannya sebagai “mesin uang”.

Yang hobi menulis bisa mencari pendapatan tambahan dengan menjadi penulis lepas ( ghost writer ) di beberapa media seperti kaskus dan sebagainya bila ternyata untuk menerbitkan buku belum bisa dicapai. Memang ada banyak syarat dan ketentuan hingga tulisan anda layak di bukukan. Tulisan bisa tentang bermacam tema tergantung di website mana anda melamar. Ada website yang khusus membahas gadget, travelling dan review tempat serta kuliner sebuah daerah, website tentang artikel keagamaan dan sebagainya. Anda bisa memilih tergantung kemampuan dan kegemaran anda.
images : google.com
Ada beberapa media online sebenarnya yang menawarkan jasa menulis, ada yang membayar jasa anda dengan pulsa ( lumayan kan untuk mengurangi pengeluaran membeli pulsa ), adapula website yang membayar anda per artikel yang anda tulis. Biasanya uang akan ditransfer setelah anda menyelesaikan separuh dari target, misalnya anda telah menulis 5 tulisan dari total 10 tulisan atau anda harus menyelesaikan seluruh target dulu baru dibayar ( perhatikan kredibilitas website tersebut melalui testimony para pembacanya atau hubungi langsung pemilik websitenya ). Bila per tulisan anda dibayar 12.000 maka untuk sepuluh tulisan anda mendapatkan 120 ribu rupiah, jumlah yang cukup lumayan untuk mengcover sebagian pengeluaran anda.

Anda hobi membaca dan memiliki koleksi buku yang tidak lagi digunakan? Anda dapat menyewakan buku tersebut atau menjualnya. Selain uangnya dapat digunakan untuk menambah penghasilan juga dapat dibelikan buku baru lagi, sehingga pengeluaran anda membeli buku dapat ditekan sedemikian rupa bahkan memberikan nilai tambah.


Yang hobi bertanam mungkin bisa sedikit diubah dengan menanam sesuatu yang lebih menghasilkan dan dapat dijual seperti bertanam cabe, tomat dan sayuran atau bunga yang laku dijual pada acara pernikahan, pemakaman dan lain-lain

Buat yang memiliki dana lebih dan dapat dijadikan modal, berjualan barang secara online dapat juga memberikan penghasilan tambahan, bahkan garasi di rumah bisa diubah menjadi toko sementara. Koleksi baju, tas, sepatu yang masih bagus karena hanya digunakan sesekali saja dapat dijual dengan harga murah daripada menumpuk di lemari.

 Yang penting sekarang bukan gengsi karena harus mencari penghasilan tambahan, namun sekecil apapun penghasilan tambahan yang anda dapatkan tetap lebih baik daripada tidak menambah apapun atau malah berhutang.

Pilihan ada di tangan anda sekarang, berhenti mengeluh dan berusaha atau membiarkan diri dalam kegalauan yang dapat mengakibatkan anda kurang bersyukur. Masih banyak orang yang lebih kekurangan daripada anda, jadi kenapa tidak dicoba mengalihkan hobi anda untuk memperoleh uang tambahan?.


No comments:

Post a Comment