Saturday, November 22, 2014

Mengubah Hobi Menjadi Sumber Rejeki



Semua hobi pada dasarnya memiliki potensi menjadi ladang bisnis yang dapat menghasilkan uang. Apalagi ditengah suasana setelah kenaikan harga BBM yang pastinya mengakibatkan semua harga bahan makanan, ongkos transportasi dan barang lainnya mengalami kenaikan.

Sebagian orang merasa enggan untuk memulai bisnis karena telah tercetak di pikiran mereka bahwa untuk memulai bisnis harus memiliki modal yang besar, pengetahuan yang cukup memadai tentang managament dan ilmu bisnis yang kerap kali harus didapat melalui sekolah bisnis atau seminar yang tidak murah biayanya.

Sebenarnya anda bisa googling atau mencari di internet, peluang bisnis apa yang sedang booming dan tidak terlalu banyak mengeluarkan modal, walaupun setiap bisnis pasti membutuhkan modal, sekecil apapun itu, entah untuk biaya join dan membeli sample, menjadi stokis dalam jumlah kecil dan sebagainya. Jangan pernah terkecoh atau diiming-imingi bisnis yang nyaris atau sama sekali tanpa modal, anda berhak untuk curiga, jangan-jangan penipuan.

"pekerjaan yang menyenangkan adalah hobi yang dibayar"

Tanpa anda sadari, sebenarnya hobi yang anda miliki bisa menjadi sumber rejeki kedua bagi anda para pekerja atau mahasiswa atau ibu rumah tangga yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan.

Untuk menjadikan sebuah hobi hingga menghasilkan uang yang dibutuhkan adalah kreatifitas, banyak orang memiliki hobi yang sama, namun hanya yang kreatif saja yang bisa menghasilkan uang dengan hobinya itu. Yang kedua adalah prinsip demand and supply, prinsip ini menyatakan bahwa ada permintaan dan ada yang menyediakan, mengetahui siapa orang yang membutuhkan hobi anda sangat penting, karena merekalah yang akan membayar anda. 

Lalu hobi apa saja yang bisa anda jadikan sumber penghasilan tambahan ? Beberapa diantaranya adalah :

1. Hobi Travelling sekaligus Fotografi

Punya koleksi foto pemandangan alam atau kuliner unik dan suasana kota yang tak lazim? Kenapa tidak coba anda tawarkan ke media massa baik cetak seperti majalah, koran  maupun online agar dimuat dan anda mendapatkan honor? Atau kenapa tidak diikutkan ke berbagai ajang lomba fotografi, karena jika anda beruntung anda akan mendapatkan beragam penghargaan bahkan tak jarang hadiahnya bisa berupa uang? Mulai lah sekarang lebih fokus dengan hobi anda yang satu ini, siapa tahu bisa menjadi ladang bisnis anda. Atau bila anda memiliki peralatan fotografi yang cukup bagus, anda bisa membuka jasa foto wisuda, pre wedding atau foto pernikahan.

Manfaatkan sosial media yang anda miliki seperti Twitter, Facebook, Instagram atau Path untuk mempromosikan jasa anda, sertakan pula contoh foto yang pernah anda buat dan berapa tarif yang anda inginkan.
Banyak fotografer kenamaan memulai karirnya dari hal-hal sederhana diatas, memanfaatkan hobi mereka hingga menghasilkan uang bahkan di kemudian hari bisa menjadi pekerjaan tetap mereka.

2. Hobi menulis
Anda punya hobi menulis di blog pribadi atau buku harian? Saatnya anda mulai "go public". Tidak sekedar menulis curahan hati atau cerita picisan namun tulisan yang agak serius bahkan menjadi trending article di media massa.
Kelemahan dari blog pribadi adalah, bila anda tidak menggunakan `keyword` yang dapat dibaca oleh Google Searching Engine, tulisan anda tidak akan ditemukan oleh orang lain. Selain itu traffic visitor di blog anda tidak terlalu banyak. Untuk itu anda perlu memiliki akun untuk menulis di blog berbasis news seperti Kompasiana, BlogDetik, dan sebagainya. Facebook baru saja membuka gebrakan baru dengan programnya "Work From Home", anda akan diberikan kelengkapan dengan hanya membayar 4,95 USD, dengan tools tersebut Facebook akan membayar tulisan anda. Cukup menarik kan?


Selain itu anda bisa `melamar` menjadi ghost writer untuk sebuah website. Hanya saja untuk menjadi seorang ghostwriter anda harus pintar memilih website dan tema apa yang anda kuasai, karena anda akan menulis artikel sesuai pesanan website tersebut, temanya bisa bermacam-macam, bisa tentang opini politik, review gadget terbaru, review otomotif dan olahraga atau tentang keagamaan serta tips fashion dan kecantikan.

Untuk pembayaran, beberapa website membayar dengan pulsa ( cukup lumayan untuk memangkas pengeluaran bulanan anda membeli pulsa ). Namun ada pula website yang membayar anda dengan transfer sejumlah uang setelah anda menyelesaikan tulisan yang mereka pesan kepada anda. 

Bayangkan bila 1 artikel sebanyak minimal 500 kata dibayar dengan minimal 12.000 rupiah, dan anda ternyata bisa menyelesaikan 10 artikel, maka anda mendapat tambahan uang sejumlah 120.000 rupiah. Jumlah yang cukup lumayan untuk mengcover pengeluaran BBM kendaraan anda :-)

3. Hobi belanja produk fashion

Sekilas hobi ini menghabiskan banyak pengeluaran. Dengan pengeluaran yang meningkat seiring dengan kenaikan harga-harga, anda mungkin mengira tidak lagi bisa melakukan hobi ini. Coba anda lihat koleksi baju, sepatu atau tas branded yang anda miliki. Daripada hanya menumpuk di lemari sedangkan anda sudah bosan, kenapa anda tidak membuat toko online? Awalnya anda bisa memanfaatkan sosial media anda untuk mengupload barang yang anda jual beserta harganya, lalu pelan-pelan anda bisa membuat toko online yang lebih bagus atau memanfaatkan ruang kosong di rumah sebagai butik kecil-kecilan. Uang yang anda peroleh dari penjualan sebagian bisa anda pakai untuk menambah kebutuhan sehari-hari, sisanya bisa anda gunakan untuk membeli baju atau tas untuk dijual lagi.

4. Hobi memasak atau membuat kue
Tidak bisa dipungkiri, setiap orang pasti butuh makan, untuk orang yang pandai memasak, membuat masakan atau kue bukanlah pekerjaan yang susah bahkan menyenangkan karena selain bisa berkreasi juga menghemat pengeluaran untuk tidak jajan di luar. Nah, kenapa anda yang punya hobi membuat aneka kue dan masakan sendiri tidak mencoba berjualan? Cobalah anda membuat masakan yang menjadi favorit anda lalu disajikan dengan foto yang cukup menggiurkan dan mengundang selera lalu menguploadnya di sosial media anda. Seperti seorang tetangga saya yang hobi membuat masakan serba sambal dan pedas, akhirnya menjadikannya sebagai peluang bisnis, lumayan dapat menambah penghasilan.

Masih banyak hobi lain yang bila di seriusi bisa menjadi tambahan penghasilan bagi anda yang memang memerlukan. Namun selain itu yang lebih penting adalah, karena pekerjaan yang anda lakukan adalah bagian dari hobi dan kegemaran, tentu saja akan terasa beda bila anda harus bekerja di bawah tekanan atau anda tidak sukai dan anda hanya melakukannya karena ingin mendapatkan uangnya saja. Bekerja dengan suka cita dan dibayar akan terasa bedanya dengan mengerjakan apa yang tidak anda sukai walaupun anda dibayar. Tidak percaya ? Coba saja :-)

Salam..

No comments:

Post a Comment