Wednesday, January 15, 2014

Menulis itu segampang..nggosip :-)

Orang-orang mungkin akan mudah lupa dengan apa yang kamu katakan
Namun mereka akan mengingat apa yang kamu tuliskan
Maka bijaksanalah dengan apa yang kamu tulis
Barangsiapa menuliskan kebaikan dan pengikutmu melakukannya, maka pahalamu berlipat ganda
Yang menuliskan keburukan dan orang lain ikut meng-amini, maka dosa yang akan kamu tuai.

Ada beberapa anak sekolahan yang menginbox saya, bertanya, gimana sih caranya bisa nulis, kok kayaknya susah banget?
Saya balik tanya, emang yang mau kamu tulis apa? cerita? puisi? opini? essai?
Semuanya memang punya tingkat kesulitan tersendiri. Tapi tahu nggak sih kalo menulis itu semudah kamu nggosip? hehehe

Nggosip bisa tentang apa aja kan? Nggosipin tetangga, teman, nggosipin pacar dan mantan pacar, nggosipin pak bos hehehe....nggosipin pejabat korup, aww..ini nih yang seru. Trus saat nggosip sama teman, pasti kamu punya opini dong, punya komentar dong..nah itu tuh yang bisa kamu tulis. Kalo gak hobi nggosip, mungkin kamu suka nonton film dengan genre tertentu terus chattingan ama teman "eh aku barusan liat film ini nih, seru"..blablabla..akhirnya jadi chatting yang seru kan? Nah ini yang bisa kamu jadikan bahan tulisan.

Di era kebebasan berkomunikasi seperti sekarang, kamu beroleh kebebasan menulis dan berekspresi, namun tetap aja harus punya etika. Sebisanya jangan mengumbar permasalahan pribadi di social media seperti facebook atau twitter. Jangan juga menjelek2xkan orang lain di facebook apalagi sampe sebut merk..eh nama orangnya ( pake inisial atau julukan aja ).
 Kalo memang pengen mengungkapkan permasalahan dengan seorang kawan,  jadikan sebuah cerita fiksi ( fiktif ) dengan menyamarkan nama dan tempat.  Saya juga pernah menulis cerpen yang saya buat dari kisah nyata hubungan pertemanan saya dengan seseorang hehehhe...

Tulisan-tulisan saya di blog juga berasal dari hal-hal yang sederhana yang terjadi di sekitar saya. Walau untuk beberapa genre tulisan, saya harus didukung oleh data dan fakta. Dan saya separuh nggak peduli orang lain suka tulisan saya atau tidak. Karena buat saya menulis itu kebutuhan jiwa, sama kayak kalo kita laper butuh makan, haus butuh minum, dan kalo narsis butuh facebook hahaha. Dan kalau kesakauan saya menulis tidak dituruti, bisa berabe hehehhe...

Jadi teman-teman...menulislah apa yang kamu ingin kamu tulis, karena dengan menulis, kamu bisa menjadi diri sendiri.
Menulis juga nggak harus menang kompetisi atau diterbitkan jadi buku. Yang penting bisa bikin seneng. Kalo mau dibaca orang lain, pilih saja medianya sesuka kamu. Kalo mau menang kompetisi, pinter-pinter pilih temanya dan rajin berlatih menulis. 
Dan menulis adalah menggosip yang asyik hihihi....

PS: ternyata orang Indonesia itu suka nulis lho...status di facebook heheheh...

Salam.

No comments:

Post a Comment