Friday, December 18, 2015

Adult Coloring Book, cara baru menghilangkan stress dan meningkatkan kreatifitas.

Provide by Wollipop.com
Mewarnai buku gambar dipercaya bisa digunakan sebagai terapi untuk membantu menghilangkan kejenuhan bahkan meredakan stres. Hal tersebut telah diakui beberapa orang dewasa yang telah menjadikan aktifitas mewarnai ini sebagai hobi barunya atau sekedar mengisi waktu luang di sela jam kerja atau jam sibuk mereka. Kegiatan yang awalnya hanya dilakukan oleh anak-anak mulai dari PAUD hingga TK, kini mulai digemari oleh orang dewasa, termasuk saya hehehe...

Tidak hanya untuk relaksasi, mewarnai buku gambar juga dipercaya dapat melatih kemampuan motorik dan otak agar bisa lebih fokus juga mampu meningkatkan kreativitas dan kemampuan nalar. Benarkah demikian ?

Pada awal tahun '90-an, para dokter telah mempelajari efek mewarnai bagi kesehatan mental. Psikiater Carl Jung seperti dikutip dari Fox News sering  memberikan terapi mewarnai untuk menenangkan dan membuat pikiran para pasiennya lebih terfokus. Hingga sekarang, teknik Carl masih direkomendasikan oleh para dokter untuk terapi mengatasi kegelisahan. Selain dipercaya dapat mengurangi rasa takut dan cemas, Psikolog Dr. Ben Michaelis memberikan penjelasan bahwa aktifitas mewarnai gambar dapat mengaktifkan logika pada otak dan menciptakan pola pikir yang lebih kreatif.
Coloring karya pribadi -#1
Amygdala adalah bagian dari otak yang merespon rasa takut, aktifitas mewarnai dapat membuat perhatian kita terpusat pada buku yang kita warnai dan membuat bagian otak tersebut beristirahat sedikit demi sedikit sehingga menjadi relaks. Ahli yang lain mengatakan, bahwa saat mewarnai, orang dewasa akan merasa seperti kembali menjadi anak-anak, sehingga mereka dapat merasakan kehidupan yang bebas dari tekanan dan rasa khawatir selama beberapa waktu.

Bila diperhatikan, anak-anak bisa menjadi tenang saat mewarnai sehingga ide ini lah yang mendasari mengapa orang dewasa melakukan hal yang sama agar mendapatkan ketenangan di dalam otak mereka. Demikian ungkap neuropsychologist dan neuroscientist Dr. Stand Rodksi ( dikutip dari ABC.net.au )
Coloring karya pribadi - #2

Dalam mewarnai kita menikmati proses pewarnaannya sehingga dapat menimbulkan efek menenangkan.  Proses tersebut membawa kita pada momen dimana stress akhirnya dilepaskan. Efek relaksasi mewarnai gambar telah dibuktikan oleh Stan melalui alat canggih yang dapat mengukur gelombang otak dan ritme jantung.  “Hal yang menakjubkan ditunjukkan oleh alat tersebut adalah bahwa kami melihat adanya perubahan pada detak jantung dan gelombang di otak”, jelas Dr. Stan tentang hasil penelitiannya.

Menurut Dr Stan pula bahwa dalam proses mewarnai buku gambar terdapat 3 elemen yang dapat membawa dampak positif yakni : repetisi ( gerakan yang berulang ), pola dan detail. Saat Anda melakukan sesuatu yang bisa diprediksi dalam cara-cara tertentu, hal tersebut akan  memberikan efek menenangkan.
Coloring karya pribadi - #3
Seperti gambar kupu-kupu yang saya pilih tersebut. Sebagai working mom yang bekerja di area yang sangat menuntut kreatifitas tinggi, berbicara bilingual, dan tuntutan atasan yang kadang melebihi kapasitas, kadang saya merasa jenuh, dan buntu bila mendapat terlalu banyak tekanan. Dan cara saya melepaskan tekanan tersebut adalah dengan mewarnai gambar-gambar kosong yang biasa digunakan oleh anak-anak usia PAUD atau TK. Mungkin nampak konyol, namun saya merasakan sedikit perubahan sejak awal saya melakukannya. Biasanya sepulang kerja saya masih membawa emosi dan stress dari tempat kerja, namun sedikit demi sedikit saya bisa melepaskannya, mengurangi energi negatif dari dalam pikiran dan jiwa saya. Bersama anak saya yang juga hobi menggambar maka lengkaplah sudah aktifitas ini saya lakukan dengan penuh kegembiraan bersamanya.

Sebenarnya telah tersedia buku-buku mewarnai khusus dewasa dengan berbagai pola dan model gambar. Salah satunya adalah seperti dibawah ini yang saya ambil dari situs bukabuku.com.
provide by bukabuku.com
Dengan harga yang relatif terjangkau, yakni sekitar 50 ribu rupiah hingga 75 ribu rupiah tanpa diskon, Anda sudah dapat memiliki buku tebal ini dengan berbagai pola bunga yang siap Anda warnai.

Jadi, mengapa Anda tidak mencobanya sekarang juga?. Anda dapat menemukan berbagai tema mewarnai, selain motif bunga, seperti berbagai pola batik nusantara atau kaligrafi. Sediakan pula pensil warna yang bermutu baik agar hasilnya bagus dan Anda puas dengan hasilnya, atau Anda dapat menggunakan crayon, spidol dan lain-lain sesuai selera Anda.

Selamat mencoba dan selamat mengisi libur akhir tahun Anda dengan aktifitas santai yang dapat menyegarkan pikiran dan jiwa Anda.

Dirangkum dari berbagai sumber

No comments:

Post a Comment