Saturday, December 19, 2015

5 Tips Liburan Akhir Tahun yang harus Anda ketahui

Provide by gandhibalitours.com
Liburan akhir tahun hampir tiba, beberapa destinasi wisata mulai memberikan banyak promo acara spesial menyambut pergantian tahun dan potongan harga masuk. Anda beserta keluarga dapat memilih beragam tempat tujuan wisata  sesuai dengan anggaran dan waktu.

Berbagai armada transportasi mulai darat hingga udara memberikan banyak diskon atau promo harga, juga hotel dan restoran yang berdekatan dengan tempat wisata tersebut bahkan promo bila Anda pergi bersama rombongan. Manfaatkan promo tersebut untuk menghemat pengeluaran akomodasi Anda.
Provide by ticket.com

Sebelum kita menetapkan tempat wisata yang akan kita kunjungi, banyak persiapan dan pertimbangan kita lakukan agar perjalanan kita nyaman sehingga kita dapat menikmati tempat tujuan wisata tersebut dengan maksimal, terutama untuk tujuan wisata di luar pulau atau bahkan luar negeri.



5 Persiapan yang harus Anda lakukan sebelum pergi berlibur adalah :
Tentukan destinasi dan jadwal perjalanan.
Saat menentukan tujuan wisata perhatikan pula waktu dan berapa budget yang Anda miliki. Apalagi bila Anda hendak mengunjunginya bersama keluarga atau teman. Anda harus melakukan pemesanan tiket pesawat atau kereta api atau memesan kendaraan sewa bila ternyata tujuan wisata anda jauh dari kota dan tempat tersebut tidak memiliki sarana angkutan umum yang memadai seperti pegunungan atau daerah pantai.
Lakukan beberapa minggu atau satu bulan sebelumnya agar Anda tidak kehabisan tiket dan dapat memperoleh harga yang tidak terlalu mahal. Pemesanan tiket pada hari H meski masih dapat dilakukan namun biasanya harga sudah menjadi sangat mahal terutama tiket pesawat terbang.
Tetapkan pula berapa lama anda akan berada di sana sehingga dapat memperhitungkan biaya akomodasi seperti sewa hotel, penginapan dan biaya makan.

Segera lakukan pemesanan tiket transportasi dan booking hotel
Sebaiknya lakukan jauh-jauh hari agar anda tidak mengalami kehabisan tiket atau kamar hotel yang ingin anda pesan ternyata sudah full booked. Pemesanan dapat Anda  lakukan melalui internet atau melalui telepon. Selain itu, biasanya harga tiket dan hotel biasanya berbeda antara saat mendekati hari H atau telah pesan jauh-jauh hari. Bila ternyata hotel yang anda inginkan telah penuh, anda dapat mencari alternative hotel di sekitar tempat wisata yang masih kosong. Bila Anda ingin menghemat biaya tansportasi tambahan, pilih hotel yang letaknya tidak terlalu jauh dari tempat wisata yang Anda kunjungi.

Hitung dengan teliti biaya perjalanan, akomodasi dan lain-lain.
Selain komponen biaya seperti biaya perjalanan atau transportasi, akomodasi hotel, biaya makan dan masuk ke tempat wisata, biaya lain yang harus Anda perhitungkan adalah biaya kesehatan. Hal ini untuk berjaga-jaga bila ternyata Anda atau salah satu anggota keluarga ternyata jatuh sakit saat liburan apalagi bila Anda membawa anak-anak. Pastikan asuransi yang Anda miliki dapat mengcover biaya pengobatan atau sediakan biaya lebih. Komponen biaya berikutnya adalah budget untuk membeli oleh-oleh, namun hal ini hanya option, utamakan biaya perjalanan dan dana darurat. Hitung dengan teliti, jangan sampai anda kekurangan uang saat berada di tempat wisata tersebut apalagi bila anda sedang berada di luar negeri.

Persiapkan fisik
Setelah menentukan destinasi wisata dan mempersiapkan budget, Anda juga perlu mempersiapkan kondisi fisik, terutama bila anda pergi ke luar negeri, atau mendaki gunung. Meski sedang berlibur, anda harus tetap cukup istirahat, makan makanan yang sehat dan menghindari junk food atau makanan siap saji. Cari informasi pula tentang makanan khas daerah yang akan Anda kunjungi, termasuk makanan halal dan sehat yang Anda butuhkan. Bawa obat-obatan untuk penyakit ringan seperti flu, batuk, minyak gosok, jaket dan sweeter bila anda hendak pergi ke tempat bersuhu dingin, payung dan topi.

Rencanakan aktifitas setelah liburan.
Tidak sedikit orang yang jatuh sakit justru setelah berlibur. Hal ini bisa terjadi karena kita hanya berfokus memikirkan kegiatan saat liburan namun melupakan aktifitas setelah libur. Pertimbangkan anak-anak yang harus pergi ke sekolah dan kita harus pergi bekerja sepulang liburan.
Buat jadwal pulang liburan Anda tidak terlalu mepet dengan jadwal masuk kerja atau sekolah agara anda dan anak-anak memiliki cukup waktu istirahat dan mempersiapkan diri untuk kegiatan sekolah setelah liburan.
Jangan terlalu capek menjelang jadwal kepulangan, jangan sampai anda terlambat ke bandara, ketinggalan pesawat atau kereta sehingga anda harus mengeluarkan dana ekstra agar dapat kembali ke rumah.

Semoga tips diatas  bermanfaat bagi Anda dan keluarga. Selamat berlibur, selamat bersenang-senang. Semoga di tahun baru Anda dapat kembali bekerja dengan pikiran yang fresh dan badan yang sehat.


3 comments: