Monday, January 12, 2015

Writerpreneurship : Menulis itu menyenangkan dan menghasilkan

Punya hobi menulis itu menyenangkan. Kamu bisa  "nyetatus" atau menulis tentang apa saja yang membuatmu terkesan, senang, sedih, atau marah pada seseorang. Apalagi sekarang banyak media sosial yang memberikan ruang untuk itu. Cuit ceritamu di twitter atau posting di facebook, sekaligus upload foto-foto yang kamu hasilkan untuk melengkapi ceritamu. Mau lebih serius? Bikin blog pribadi. Mau lebih eksis dan tulisan kamu lebih serius daripada sekedar nyetatus? Coba bikin akun di media sosial berbasis news seperti detikblog, kompasiana dan sebagainya. Selain tulisanmu bisa dibaca banyak orang, kamu juga akan mendapat banyak teman baru. Situs-situs semacam itu juga kerap mengadakan lomba kepenulisan dengan hadiah yang cukup lumayan seperti jalan-jalan wisata, gadget terbaru dan voucher belanja buku. Bahkan bisa jadi tulisanmu diterbitkan bersama tulisan terbaik yang dipilih oleh editor situs online tersebut.

Akan lebih menyenangkan lagi bila ternyata hobi menulismu ini kelak dapat menjadi sumber penghasilan. Bila beruntung tulisanmu dapat dibukukan dan diterbitkan sehingga dapat menghasilkan royalti dari hasil penjualan buku. Tidak hanya itu, kamu juga mulai dikenal banyak orang. Diundang seminar di sana sini, lalu 1,2,3 terbukalah peluang bisnis penulisan yang lain.

Namun jangan berkecil hati bila hingga kini tulisanmu belum banyak dibaca orang, belum diterbitkan menjadi sebuah buku baik itu buku cetak maupun digital book atau e-book. 

Ada banyak cara agar tulisanmu menghasilkan income yang kamu idamkan. Caranya? coba cari di google, situs atau website mana yang sedang membutuhkan ghostwriter, atau seseorang yang mencari orang yang dapat membantunya dalam penulisan novel atau buku. Kamu akan dibayar per article yang kamu tulis. mereka akan menawarkan tarif minimal, dan bila ternyata mereka sangat puas, mereka bisa menaikkan tarifnya. Asyikk kaan....

Lalu tulisan apa saja yang dapat menghasilkan income dan banyak dicari ? Sudah sesuaikah dengan hobi menulis kamu? Yukk intip pengalaman pribadi saya ini.

1. Genre Sastra
Yang termasuk di dalam genre sastra di sini antara lain cerpen ( cerita pendek ), cermin ( cerita mini ), puisi, novel dan karya sastra lainnya. Walau tak banyak website atau situs online yang membutuhkan tulisan semacam ini, jangan berkeecil hati. Ada banyak website yang dimiliki oleh penerbit buku yang sering mengadakan lomba menulis cerita atau bahkan banyak majalah atau koran yang membutuhkan tulisan semacam ini. Jadi kalau kamu merasa jago menulis cerita atau puisi, tetaplah menulis dan ikutlah berbagai lomba penulisan sastra yang diadakan. Salah satu penerbit buku terkemuka yang sering mengadakan event lomba adalah Gramedia ( Gramedia Writing Project ) yang informasinya bisa kamu baca di www.gwp.co.id. Penerbit lainnya adalah Diva Press, kamu bisa meng-Like fanpagenya untuk mendapatkan banyak informasi lomba menulis atau ajang pencarian naskah teenlit yang secara teratur diadakan oleh fanpagenya.

2.Review Product dan Buku
Kamu suka menulis review sebuah produk dan buku ? Suka banget gadget sampai memahami sekali spesifikasinya? kenapa tidak coba melamar ke kaskus.co.id atau situs penjualan gadget? Bahkan dengan bermodal kemampuan menulis review produk ini kamu bisa berjualan barangnya sendiri.
Seperti yang saya lakukan di blog saya ini. Ada beberapa teman yang "menitipkan" dagangannya untuk saya review, selain saya mendapat fee, saya juga dapat berjualan barangnya langsung walau jarang sekali saya lakukan karena saya lebih suka menulis spesifikasinya. Kebetulan yang saya tulis adalah produk kecantikan. 

3. Travelling Notes atau catatan perjalanan
Suka jalan-jalan sekaligus juga suka menulis? Ingat Trinity dengan buku The Naked Travellernya?

Informasi yang kamu tulis bisa tentang cara mencapai tempat wisata yang kamu tuju, makanan khas, biaya akomodasi dan keunikan tempat tersebut disertai dengan foto-foto yang menarik. Saya sendiri sering menulis tentang tempat-tempat yang pernah saya kunjungi dan alhamdulillah sebagian orang merasakan manfaatnya, mereka jadi tertarik untuk berkunjung ke sana, pernah juga ada yang menelepon saya untuk mendapatkan informasi yang lebih rinci. Kalau review yang kamu tulis bagus dan akurat, tulisan tersebut dapat kamu "jual" kepada agen travel wisata.

4. Kuliner atau makanan

Punya hobi makan? familiar banget dengan bahan-bahan makanan? sekaligus hobi fotografi? mengapa tidak mencoba membuat tulisan tentang review kuliner? hampir sama dengan review product, yang kamu lakukan adalah mencoba makanannya, mengetahui bahan yang digunakan dalam masakan bahkan khasiat makanan tersebut bagi tubuh dan membuat foto sebagus mungkin, dan tulislah 1-2 paragraf tentang masakan itu lalu posting. Taraa...bisa-bisa restorannya bakalan ketagihan buat bayar kamu untuk menulis dan mempromosikan makanan khas mereka atau tempat makan unik mereka.

5. Hal-hal teknis, tips dan cara membuat atau melakukan sesuatu

Saya memiliki teman online yang bukunya diterbitkan, tentang bagaimana mengajari anak membaca jam, disitu dijelaskan awal dia membuat alat peraga, mengajarkan konsep jam yang paling sederhana kepada anak dan sebagainya. 

kalau kamu suka mengajari orang untuk melakukan sesuatu, tulislah hal-hal yang berkenaan dengan teknisnya. Atau pandai membuat ketrampilan? banyak orang yang memang suka googling dan butuh informasi-informasi semacam ini, jadi jangan ragu untuk menulisnya.

Jadi kenapa tidak dicoba menulis hal-hal yang saya sebutkan tadi? sambil menunggu karya kamu diterbitkan menjadi buku. Seorang penulis harus rajin berlatih menulis dan sangat baik bila bisa menulis bermacam-macam hal, tidak hanya melulu sastra saja atau politik saja hehehe..

Jadilah witerpreneur yang dapat menyuguhkan tulisan yang bernilai berita ( news value ) dan informatif sehingga pembacanya merasakan manfaatnya. Tidak hanya uang yang akan kamu dapat namun pertemanan dan kepercayaan bahwa kamu adalah penulis yang handal.

Try this at home, guys..hehehehe...


2 comments:

  1. salam kenal tulisanya sangat memotivasi untuk kawan warung blogger dan private seo jakarta

    ReplyDelete
  2. wah,, tulisannya bagus,,
    saya sendiri kadang suka gak pede sama tulisan sendiri,,

    ReplyDelete