Saturday, June 3, 2017

#Day26, Mengapa kita harus berdoa ?

Manusia selalu memiliki keinginan dan kebutuhan, tidak hanya itu permasalahan dalam hidup juga kerap mengisi kehidupannya. Tak jarang masalah tersebut timbul akibat keinginan dan kebutuhannya sendiri. Masalah tersebut tentunya membutuhkan solusi agar tidak membuat beban dan keresahan yang akibatnya dapat membuat hidup tak tentram.

Solusi tidak hanya datang dari bantuan sesama manusia namun solusi yang sejati berasal dari Dzat Pencipta yakni Allah SWT. Solusi tersebut diberikan setelah manusia memanjatkan doa dan melakukan ikhtiar yang digariskan olehNya. Allah SWT seringkali memberikan jalan keluar dari arah yang tak disangka-sangka setelah manusia tersebut berlelah-lelah berdoa dan berikhtiar.

Allah SWT berfirman dalam salah satu surat Al Qur’an yang artinya :

“Dan apabila hamba-hambaKu bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepadaKu maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah) Ku dan hendaklah mereka beriman kepadaKu agar mereka selalu berada dalam kebenaran”. (QS. Al Baqarah ayat 186).

Pada ayat tersebut dijelaskan bahwa saat kita memiliki permohonan dan doa hendaknya kita juga menjalankan atau memenuhi segala perintahNya, diantaranya memperbanyak ibadah seperti bersedekah, melaksanakan sholat sunnah tahajud, hajat dan dhuha, membaca Al Qur’an dan lain-lain.
Doa merupakan salah satu ibadah yang kita lakukan sebagai sarana penyelesaian permasalahan yang sedang kita hadapi. Dalam salah surat Al Qur’an yang artinya :

Dan apabila manusia ditimpa bahaya, dia berdoa kepada Kami dalam keadaan berbaring, duduk atau berdiri tetapi setelah Kami hilangkan bahaya itu daripadanya, dia (kembali) melalui (jalannya yang sesat) seolah-olah dia tidak pernah berdoa kepada Kami untuk menghilangkan bahaya yang telah menimpanya. Begitulah orang-orang yang melampaui batas itu memandang baik apa yang selalu mereka kerjakan (QS. Yunus ayat : 12)

Janganlah sampai kita menjadi orang yang melampaui batas dalam berdoa, yakni orang yang mengulang kembali kesalahan dan masalah yang sama saat Allah SWT telah memberikan jalan keluar pada masalah yang sebelumnya.

Ketika doa belum diijabah, hendaknya kita sebagai manusia bersabar, karena Allah SWT Maha Tahu Yang Terbaik untuk hambaNya. Bisa jadi doa kita di dunia tidak dikabulkan karena akan digantikan saat di akhirat atau terhindarnya kita dari musibah yang mungkin akan menyebabkan kita harus mengeluarkan banyak biaya.

Hadist berikut ini menyebutkan :

“Tidak ada seorang muslim yang berdoa suatu doa yang di dalamnya tidak ada dosa dan memutuskan tali silaturrahim, kecuali Allah akan memberikan karena doa itu salah satu dari tiga keadaan; bisa saja doanya disegerakan, bisa juga Allah simpan untuknya di akhirat dan bisa juga Allah hindarkan dia dari keburukan semisalnya.” Para sahabat bertanya, “Bagaimana jika kami memperbanyak doa.” Beliau menjawab, “Allah lebih memperbanyak lagi.” 
(HR. Ahmad, Al Bazzar dan Abu Ya’la dengan sanad-sanad yang jayyid, dan diriwayatkan pula oleh Hakim, ia berkata, “Shahih isnadnya.” Hadits ini dinyatakan “Hasan shahih” oleh Syaikh Al Albani dalam Shahih At Targhib no. 1633).

Doa yang kita panjatkan harus diiringi dengan keikhlasan dan kerelaan bahwa masalah yang kita hadapi semata-mata karena kita yang menyebabkannya dan memohon ampunan dari kesalahan yang kita lakukan. Setelah itu dibarengi dengan keyakinan bahwa Allah SWT akan memberikan solusi atas masalah yang sedang kita hadapi.

Mengapa kita harus berdoa sebelum melakukan usaha atau ikhtiar ?

1. Sebab pada saat kita ditimpa masalah, jiwa dan hati kita sedang labil dan cenderung gegabah dalam mengambil keputusan. Karena itu segeralah mengambil air wudhu, melaksanakan sholat sunnah dan perbanyaklah membaca dzikir terutama istighfar. Efek dari doa yang kita panjatkan setidaknya akan membuat kita lebih tenang dan jernih dalam memandang masalah tersebut.

2. Doa adalah wujud kepasrahan kita kepada Allah SWT dan memang kita seharusnya hanya meminta kepada Allah SWT. 

3. Doa mengajari kita untuk bersabar.
Saat kita mendahulukan berdoa sebelum berikhtiar dan Allah SWT berkenan memberikan kita solusi maka yang akan kita rasakan adalah ikhtiar yang kita lakukan akan terasa mudah dan bila pun ada kesulitan akan mudah kita selesaikan 

Ketika Allah SWT ridho dengan doa kita, maka ikhtiar yang kita lakukan juga sering meleset dari apa yang telah kita rencanakan namun hal tersebut merupakan solusi dari masalah yang kita hadapi. 
Doa yang mengawali ikhtiar akan membuat kita fokus dan tidak putus harapan kepada Allah SWT.

Doa adalah tanda keyakinan seorang hamba kepada penciptaNya

No comments:

Post a Comment