Saturday, June 3, 2017

#Day30, Akhir Ramadhan Rayakan Kemenangan

 Setelah 20 hari menjalani ibadah puasa Ramadhan, maka saatnya kita memasuki 10 hari terakhir bulan Ramadhan.

Bila sebagian orang justru mengendur semangat ibadahnya akibat persiapan menjelang mudik dan hari raya Idul Fitri, namun tak sedikit pula yang makin rajin beribadah. Hal ini karena kecintaannya pada Allah SWT dan takut akan berakhirnya bulan yang mulia dan penuh berkah ini.

Rasulullah SAW memberikan teladan dalam sebuah hadistnya agar kita umat Islam makin rajin beribadah, seperti yang disebutkan dalam hadist di bawah ini :

“Adalah Rasulullah SAW jika telah masuk sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan, beliau mengencangkan kainnya, menghidupkan malamnya, dan membangunkan keluarganya.” (HR. Bukhari-Muslim)

Mengapa 10 hari terakhir dianggap lebih baik dari hari lainnya di bulan Ramadhan ? Rasulullah SAW dalam hadistnya yang lain menyatakan :

“Carilah Lailatul Qadr  pada tanggal ganjil di sepuluh malam terakhir bulan Ramadhan” (HR Bukhori).

Malam Lailatul Qadr merupakan malam yang banyak dicari dan ditunggu oleh umat Islam sebab orang yang beribadah sholat pada malam Lailatul Qadr maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.

“Dan barangsiapa yang berdiri (sholat sunnah) pada malam lailatul qadr dengan penuh keimanan dan mengharap ridho Allah maka Allah akan mengampuni dosa-dosanya yang telah lalu”.(HR Ibnu Abi Dunya dalam Fadhail Ramadhan).

Sayangnya, meski keutamaan sepuluh malah terakhir Ramadhan memiliki banyak keutamaan, umat Islam terkesan meremehkan. Alih-alih memperbanyak waktu untuk I’tikaf di masjid, mereka malah lebih banyak berkumpul di mall dan pusat perbelanjaan untuk berbelanja kebutuhan lebaran.

Tidak ada yang salah bagi kita bersuka cita menyambut akhir ramadhan dan hari kemenangan dengan beragam penganan dan baju baru, namun ada baiknya kita tetap mengutamakan ibadah, sebab bulan ramadhan hanya datang sekali dalam setahun dan belum tentu di tahun mendatang kita masih diberikan umur panjang untuk menjumpai lagi bulan Ramadhan. Jangan sampai kita menyesal sebab telah menyia-nyiakan tamu agung bernama bulan Ramadhan.

“Malam kemuliaan (lailatul qadr) itu lebih baik daripada seribu bulan” (QS. Al Qadr ayat 3 ).

Ibadah apa saja yang dilakukan Rasulullah SAW pada sepuluh malah terakhir bulan Ramadhan ?
Kamu bisa merencanakan dan membuat checklist ibadah dengan mencontoh kegiatan Rasulullah.

1. I’tikaf atau berdiam di masjid dengan niat khusus dan semata-mata karena ingin beribadah. Saat beri’tikaf di dalam masjid kamu dapat berdzikir, membaca Al Qur’an, melaksanakan sholat sunnah dan lain-lain. Gunakan waktu 10 hari terakhir untuk bermuhasabah atau mengevaluasi diri agar selepas Ramadhan kita menjadi pribadi muslim yang lebih baik.

2. Memperbanyak sedekah
Rasulullah saw. adalah orang yang sangat dermawan kepada siapapun, dan pada bulan ramadhan beliau lebih dermawan lagi saat Jibril menemui beliau. (HR. Mutafaq ‘alaih).
Kamu bisa memberikan makanan kecil untuk berbuka puasa di masjid atau panti asuhan atau di jalan bagi yang membutuhkan. Selain sedekah jangan lupa untuk menyiapkan anggaran berzakat.

3. Memperbanyak membaca Al Qur’an sebab pahalanya akan dilipatgandakan.

4. Beribadah umroh. Bagi umat Islam yang mampu dapat menunaikan ibadah umroh di Bulan Ramadhan sebab pahalanya setara dengan berhaji.

“Umrahlah kamu pada bulan ramadhan, karena umrah pada bulan ramadhan sebanding dengan melaksanakan ibadah haji” (HR. An-Nasai)

Selamat menunaikan ibadah puasa dan raih kemenangan dengan tetap istiqomah beribadah hingga akhir.


No comments:

Post a Comment