Saturday, June 3, 2017

#Day29,Tips Menjadi Penulis Artikel Lepas

Penulis tidak hanya menulis buku, jurnal atau biografi. Di Era digital seperti sekarang ini keberadaan penulis lepas artikel untuk website sangat dibutuhkan. Siapa saja yang dapat menjadi seorang penulis artikel lepas? Siapa saja asal dia mau belajar dan menyukai tantangan. Mengapa ? Sebab tak jarang lowongan yang ada menawarkan pekerjaan penulis berbeda jauh dengan latar belakang pendidikan dan kegemaran kita.

Penulis lepas yang banyak dicari dari genre nonfiksi, meskipun fiksi juga ada namun tak banyak. Karena itu belajarlah menulis tulisan nonfiksi selain fiksi bila kamu memang ingin menjadi seorang penulis artikel lepas.

Lalu apa tips untuk menjadi seorang penulis artikel lepas atau freelance writer ?

1. Banyak membaca
Carilah sebanyak-banyaknya referensi baik dari buku bacaan atau browsing di internet. Selalu membaca hal-hal terbaru tentang bidang yang ingin kamu tekuni, misalnya menyukai gadget dan mengikuti perkembangannya. Tak sedikit website yang menjual gadget membutuhkan pe-review gadget seperti kamu. Atau yang suka memasak dapat menghubungi pemilik website yang mempunyai usaha kuliner dan tertarik untuk berpromosi secara online.

2. Banyak berlatih menulis
Agar tulisan review produk kita disukai banyak orang karena informatif dan bahasanya mudah dipahami, kamu perlu banyak berlatih menulis baik di blog, IG (disertai gambar yang menarik dan relevan), di notes Facebook dan media sosial lainnya. Manfaat dari menulis di media sosial antara lain untuk mengetahui respon pembaca apakah tulisanmu sudah cukup informatif dan menarik untuk dibaca. Pergunakan kata kunci atau keyword yang tepat agar tulisanmu terbaca Search Engine Google sehingga akan banyak pembaca yang mengunjungi website atau sosial media mu sehingga siapa tahu mereka akan menggunakan jasamu untuk menulis di website mereka.

Tulisanmu bisa beragam jenis misalnya tentang kuliner, ulasan fashion dan gadget atau kosmetik dan lain-lain. Blogmu bisa gado-gado alias campur-campur agar pengguna tahu bahwa kamu penulis serba bisa. Namun bila kamu ingin menulis satu tema saja misalnya tentang gadget saja atau review produk kosmetika saja juga tidak apa-apa.
Pergunakan kerangka atau outline untuk membuat artikel bila kamu masih pemula, namun bila sudah berpengalaman, cukup buat konsep atau catatan kecil saja, setelah itu dengan data yang ada, kembangkan menjadi sebuah artikel. Biasanya para pemesan meminta kamu menulis minimal 500 kata.

3. Bergabung dengan agen artikel
Ada bebarapa situs yang dapat kamu pergunakan, misalnya Sribulancer.com. Atau coba searching di Google. Dengan mengikuti agen artikel kamu tidak perlu susah mencari lowongan. Agen yang akan mencarikannya untukmu, kamu hanya tinggal menulis, mengirim dan menerima fee. Kelemahannya, agen akan memotong fee yang kamu terima, besarannya bisa bermacam-macam. Sebelum bergabung, carilah informasi detail tentang persyaratannya agar kamu tidak rugi.

4. Bila sudah berpengalaman, jadilah penulis lepas secara mandiri.
Penulis lepas harus dapat menerima kritik dan saran dari pemesan artikel dan harus mau dikembalikan bahkan ditunda pembayaran fee nya bila tulisan masih belum memenuhi persyaratan. Menjadi penulis lepas secara mandiri memungkinkan kamu menerima fee secara utuh dari pemesan.

5. Pelajari teknik menulis
Meski menulis di website terkesan lebih bebas, namun tetap gunakan kaidah menulis yang benar. Bahasa disesuaikan dengan segmen pasar pembaca website. Bila website berisi tentang tema keagamaan, gunakan bahasa yang formal karena bisa jadi pembacanya berasal dari berbagai kalangan. Bila website cenderung untuk anak muda, gunakan bahasa yang komunikatif dan sedikit gaul namun jelas.

6. Miliki kemampuan komunikasi yang baik dengan pihak pemesan artikel
Jangan mudah ngambek bila dikritik, sebisa mungkin kamu tidak hanya sebagai penulis namun juga dapat menjadi konsultan dari bisnis yang mereka miliki, untuk itu kamu harus banyak membaca dan belajar. Biasanya pemesan artikel akan mempromosikan kemampuan menulismu yang terbaik di komunitas mereka, namun sebaliknya bila tulisanmu kurang bagus, mereka tidak akan merekomendasikan kamu kepada orang lain. Terima kritikan dengan baik dan berikan penjelasan yang logis mengapa kamu menulis seperti itu.

7. Jangan lupa untuk memeriksa kembali artikel yang akan dikirim
Sebisanya mengurangi typo, kesalahan ejaan, kesalahan tanda baca dan lain-lain agar tulisan kamu nyaman di baca para pengunjung website.

Demikian tips menjadi penulis artikel lepas atau free lance writer, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment