Tuesday, April 18, 2017

#Day9, Yuk buat checklist hijrahmu

Alhamdulillah, hidayah telah datang menyapa, dan dirimu pun mulai mantap untuk berproses menuju muslimah yang lebih baik. Keinginan mengenakan hijab syar’i makin membuncah tak terbendung lagi.

Hidayah itu serupa cahaya dan rentan lekas padam tanpa tindakan. Karena itu saat kamu yakin bahwa berhijab adalah pilihanmu yang terbaik, bersegeralah membuat checklist hijrahmu.

Apa saja yang harus kamu lakukan ? Yuk simak checklist berikut ini :

1. Awali dengan bismillah, pasrahkan kepada Allah SWT bahwa kamu sedang menjalani proses hijrah. Semoga Allah selalu memberimu kemudahan dan perlindungan.

2. Kenakan hijab sesuai kemampuanmu. Bila pada masa awal kamu belum terbiasa memakai gamis dan jilbab lebar, bisa kamu mulai dengan pakaian longgar, misalnya kamu suka pakai jeans dan kemeja, pilih bahan jeans yang soft dan cukup lebar tidak membentuk tubuh seperti memperlihatkan jenjang kakimu. Demikian juga baju atasan, kenakan kemeja yang lebih longgar atau kaos berlengan panjang yang nyaman buat kamu yang terbiasa mengenakan baju gaya sporty. Penutup kepala, gunakan jilbab kaos instan menutupi dada. Model jilbab ini cukup nyaman dan tidak membutuhkan waktu lama untuk menggunakannya.Lambat laun bila kamu telah terbiasa, kenakan rok dan jilbab yang lebih lebar, sebab hijab yang memenuhi syarat syar’i antara lain :
  • Menutup aurat kecuali wajah dan telapak tangan, artinya, kamu perlu memakai kaos kaki pula untuk menutupi kakimu bila mengenakan sandal terbuka.
  • Tidak tipis dan menerawang.
  • Tidak berupa perhiasan dan menarik perhatian. Bila ingin menggunakan aksesoris gunakan secukupnya seperti bross bunga yang simple.
  • Bukan jilbab punuk onta yang menonjolkan bagian belakang kepala akibat menggulung rambut panjangmu terlalu tinggi atau model dengan spon di atas kepala.
  • Tidak ketat dan mengandung wewangian yang menarik perhatian orang lain di sekitarmu terutama laki-laki yang bukan mahrammu.
3. Mulai batasi pergaulan. Bukan berarti harus tiba-tiba menghilang dari peredaran, namun kurangi waktu main atau nongkrong bersama teman-teman. Tetap jaga silaturahmi dan bersikap baik dengan mereka meski mereka tidak menyukai perubahanmu dan nyinyir mengomentari penampilan barumu.

4. Pelajari ilmu agama, sebab sampai saat ini, wanita berhijab selalu identik dengan ilmu agama yang lebih baik daripada yang tidak. Perbaiki bacaan Al Qur’anmu yang belum sempurna dan bersikaplah yang baik serta santun. Tingkatkan intensitas ibadah seperti memperbanyak ibadah sunnah selain utamanya ibadah wajib.

Jangan ragu untuk melanjutkan proses hijrahmu..

#MyHijrahMyChoice

No comments:

Post a Comment