Tuesday, April 25, 2017

#Day15, 7 Mindset Entrepreneur yang harus Anda miliki.

Entrepeneur atau wirausahawan adalah seseorang yang memiliki aktifitas wirausaha.

Seorang entrepreneur memiliki ciri yaitu pandai dan berbakat mengenali produk baru, dapat menentukan cara produksi baru, menyusun manejemen operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkan serta ,mengatur permodalan operasinya.

Tak jarang orang memilih menjadi wirausahawan karena pelarian dari pekerjaan yang dimiliki sebelumnya membosankan atau bahkan kebetulan saja ingin mencoba hal baru. Padahal seharusnya menjadi wirausahawan adalah pilihan jalan hidup sehingga mindset atau pola pikir yang Anda miliki akan tepat mengarahkan kemana usaha Anda akan berjalan.

Kesalahan pola pikir akan mengakibatkan kesalahan dalam pengambilan tindakan, sedangkan pengusaha dengan pola pikir yang tepat akan menjadikan bisnisnya hebat dan berkembang pesat.

Untuk menjadi seorang entrepreneur, Anda harus memiliki skill dan mindset yang baik. Jadi sebelum terjun menjadi seorang wirausahawan, Anda harus memiliki ilmunya dahulu agar tidak terlalu besar kegagalan yang akan Anda alami. Sambil belajar Anda dapat memiliki usaha kecil yang Anda kerjakan sesuai potensi Anda.

Kebanyakan para wirausahawan yang sukses berangkat dari usaha yang tidak jauh dari kegemaran atau hobi, misalnya dari hobi otak-atik otomotif dapat menjadi pengusaha bengkel atau jasa service kendaraan. Bagi yang hobi menanam bunga dapat sekaligus berbisnis usaha florist atau membuat karangan bunga. Yang gemar masakan dapat membuat usaha rumah makan dan lain-lain.

Selain memiliki keahlian dan skills di bidang tertentu , seorang wirausahawan harus memiliki 7 mindset berikut ini dalam menjalankan usahanya, yaitu :

1. Action oriented
Wirausahawan yang memiliki mindset action oriented akan melakukan perencanaan dengan sebaik-baiknya lalu segera menjalankannya, tidak senang menunda dan peka terhadap peluang yang ada.

2. Berpikir simple
Seorang wirausahawan akan melihat permasalahan yang ada dengan jernih dan menyelesaikannya secara bertahap. Caranya, menjadikan yang susah menjadi mudah namun bukan meremehkan, sebaliknya menghindari membuat susah sesuatu yang sebenarnya mudah.

3. Mengejar peluang dan disiplin
Peluang tidak akan muncul untuk kedua kalinya,karena itu saat peluang tiba, segeralah mengejar peluang tersebut dengan disiplin tinggi, kerja keras, cerdas, tuntas dan ikhlas.

4. Senang belajar
Meski sudah menjadi boss, seorang wirausahawan harus senang belajar, menyediakan waktu, dana dan tenaga untuk mendapatkan ilmu. Jangan ragu meski harus belajar pada orang yang lebih muda apalagi bila dia ternyata lebih sukses daripada Anda. Kapanpun dan dimanapun, tetaplah semangat belajar.

5. Mampu mengambil peluang yang terbaik
Meski banyak peluang yang ada, namun jeli lah dalam mengambil keputusan dan peluang yang terbaik.

6. Fokus pada pelaksanaan atau action, bukan hanya pandai membuat perencanaan namun juga handal dalam bekerja, tidak hanya pandai berteori namun juga paham aplikasinya.

7. Pemimpin yang hebat mampu mengatur, memimpin, memotivasi, membangun network atau jaringan serta dapat berkomunikasi dengan baik dengan berbagai kalangan.

Nah, masih ingin menjadi entreprenur atau wirausahawan ? Semoga sukses yaa..

No comments:

Post a Comment