Thursday, April 13, 2017

#Day2, Do it Anyway? No way?

Jika Anda sukses, Anda akan mengundang sahabat-sahabat palsu dan musuh-musuh yang sebenarnya. Bagaimanapun raihlah sukses itu. (Kent M Keith)
Pernah nggak sih kamu, merasa di posisi seperti ini ? Salah bener tetap salah. Berbuat baik salah, jadi jahat juga nggak bener. Dikerjakan salah, nggak dikerjakan juga salah ?

Pernah juga mendapat komentar yang kurang menyenangkan dari teman sekerja, buat apa serius dan kerja bagus kalau gajinya kurang ?. Buat apa susah-susah mengerjakan kalau ternyata yang dapat pujian cuma atasan? Sementara kita yang mengerjakan, dapat ucapan terima kasih saja tidak.

Awalnya saya ikut berpikir apatis begitu, jadi ikutan males-malesan kerja, toh gajinya kecil, toh bisa dikerjakan lain hari, toh bisa dilakukan sebisanya. Do it your best jadi berarti, ya sesempatnya bukan melakukan yang terbaik, totalitas.

Hingga suatu hari saya pun berpikir, tentang sebuah kalimat sakti “Do it Anyway”. Sudah lakukan saja...begitu kira-kira terjemahannya. Tidak pernah ada yang sia-sia di muka bumi ini, bahkan kebaikan sekecil biji sawi pun yang sudah kamu lakukan. Jadi meski kebaikanmu tak pernah dihargai orang, biarkan saja. Apa kamu tidak percaya dengan janji Allah SWT yang akan membalas kebaikan hambaNya meski sekecil biji sawi ?

Pekerjaan sederhana yang dilakukan dengan totalitas akan membuahkan hasil baik, tidak hanya kepuasan atasan yang menilai pekerjaan kita (meski lagi-lagi kita harus menyerah dengan kebijakan perusahaan dalam memberikan gaji). Lihatlah diri sendiri. Apakah kamu tidak akan puas bila telah mengerjakan pekerjaan dengan sebaik-baiknya dan berkata, “Ah, ternyata saya bisa ngerjain pekerjaan ini”. Besoknya atasan bisa jadi akan memberikan pekerjaan yang lebih menantang. 

Atau..”Oh ternyata saya bisa melakukan hal ini lebih baik daripada teman lain”. Kepuasan akan menimbulkan kepercayaan diri.

Apapun yang kamu lakukan, lihatlah hasilnya pada pembentukan karakter diri dan kebiasaan yang baik. Hanya dengan itu kita dapat meminimalisir kebencian kita pada boss yang nyinyir dan pelit hehe....

Do it Anyway sejatinya adalah sebuah buku yang ditulis oleh Kent M Keith. Isinya tentang 10 Perintah Paradoks, perintah yang sebenarnya berlawanan arti. Perintah yang harus dikerjakan oleh orang-orang yang putus asa dan sedang menghadapi masa-masa sulit.



10 Perintah Paradoks adalah :
1. Manusia sering bersikap tidak logis, tidak masuk akal dan mementingkan diri sendiri. Bagaimanapun sayangi mereka.

2. Bila Anda melakukan kebaikan, orang akan menuduh Anda memiliki motif tersembunyi yang lebih mementingkan diri sendiri. Bagaimanapun lakukan kebaikan itu.

3. Jika Anda sukses, Anda akan mengundang sahabat-sahabat palsu dan musuh-musuh yang sebenarnya. Bagaimanapun raihlah sukses itu.

4. Kebaikan yang Anda lakukan hari ini akan dilupakan esok hari. Bagaimanapun lakukan kebaikan itu.

5. Kejujuran dan keterbukaan membuat Anda rentan. Bagaimanapun jujur dan terbukalah.

6. Pria dan wanita paling hebat dengan gagasan yang paling besar dapat dijatuhkan oleh pria dan wanita yang paling kecil dengan pikiran yang paling kecil. Bagaimanapun berpikir besarlah.

7. Orang bersimpati pada pihak yang lemah, tetapi mengikuti pihak yang kuat. Bagaimanapun berjuanglah bagi pihak yang lemah.

8. Apa yang Anda bangun selama bertahun-tahun dapat hancur dalam semalam. Bagaimanapun tetaplah membangun.

9. Sesungguhnya manusia membutuhkan pertolongan, tetapi mereka mungkin akan menyerang Anda jika Anda menolong mereka. Bagaimanapun tolonglah mereka.

10. Berikan yang terbaik pada dunia dan Anda akan kecewa. Bagaimanapun berikan yang terbaik pada dunia.

Jadi...masih ingin do it anyway ? ya sudah lakukan saja...jangan bilang no way! bila ternyata apa yang sudah kamu lakukan dan kerjakan justru berguna bagimu di masa depan dan bagi orang-orang di sekitarmu meski kadang mereka akan membalas kebaikanmu dengan kejahatan. Tenang..masih ada Tuhan kok.

No comments:

Post a Comment